Perancis Melangkah ke Semifinal Usai Singkirkan Uruguay

Perancis Melangkah ke Semifinal Usai Singkirkan Uruguay

Para pendukung Uruguay tetap senyum meski timnya dikalahkan Perancis di perempatfinal Piala Dunia 2018. (foto - Twitter)

Nizhny Novgorod - Perancis melangkah ke semifinal Piala Dunia 2018 setelah gemilang menyingkirkan Uruguay dua gol tanpa balas di perempatfinal. Dua gol Les Bleus dicetak Raphael Varane dan Antoine Griezmann di Nizhny Novgorod Stadium, Jumat (6/7/2018) malam WIB.
 
Sejak menit awal laga Uruguay lebih dulu menguasai permainan, dengan mengandalkan dua sayap kiri dan kanan. Uruguay buka peluang menint 4. Diego Lexalt melepas umpan silang ke dalam kotak, namun baik Luis Suarez maupun Cristhian Stuani tak mampu memanfaatkannya.
 
Sebaliknya Perancis mulai mengembangkan permainan. Umpan silang diberikan dari sisi kanan, Oliver Giroud coba menyambar bola namun laju bola terlalu deras. Kylian Mbappe pun membuang peluang emas menit 15.
 
Mbappe bebas dari kawalan saat menerima umpan sundulan dari Giroud, namun sundulannya tidak membuahkan hasil. Uruguay kembali mengancam gawang Perancis pada menit 35. Matias Vecino mendapat bola setelah Benjamin Pavard gagal menyapu bola dengan sempurna.
 
Namun, tembakan Vecino masih tepat mengarah ke Hugo Lloris. Gol baru tercipta pada menit 40.  Raphael Varane mencetak gol setelah menyundul bola dari umpan tendangan bebas Antoine Griezmann. Skor 1-0 untuk Perancis.
 
Pada menit 44, Hugo Lloris melakukan penyelamatan gemilang. Ia berhasil menghalau tandukan Martin Caceres dari skenario tendangan bebas. Hingga babak pertama usai, skor 1-0 bertahan untuk keunggulan Perancis.
 
Memasuki babak kedua, Perancis dominan dalam permainan. Peluang diperoleh pada menit 50. Mbappe melepas umpan tendangan bebas ke dalam kotak penalti, tapi bisa ditinju oleh Fernando Muslera menjauh dari gawang.
 
Giliran Uruguay mengancam. Bentancur melepaskan tembakan kaki kirinya namun arahnya melenceng jauh dari sasaran. Begitu pun Caceres melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti menit 58, tapi masih melambung tinggi.
 
Sepakan Griezmann dari luar kotak berhasil menggandakan keunggulan, yang tak mampu dihalau dengan baik oleh Muslera. Meski ia sudah mampu menebak arahnya, hasil tepisannya membuat bola meluncur ke dalam gawang.
 
Tim besutan Didier Deschamps terbukti jauh lebih efisien ketimbang Uruguay, dengan hanya melakukan dua tembakan on target, yang keduanya berbuah gol. Uruguay coba merespon lewat Cristian Rodriguez menit 64. Namun bola masih sedikit melebar dari target.
 
Perancis kembali mengancam di menit ke-73. Corentin Tolisso melepas tembakan dari luar kotak penalti, namun bola melambung di atas mistar gawang. Skor 2-0 untuk Perancis pun bertahan hingga pertandingan berakhir. (Jr.)**

Susunan Pemain:

Uruguay: Fernando Muslera; Martin Caceres, Jose Gimenez, Diego Godin, Diego Laxalt; Nahitan Nandez (Jonathan Urretaviscaya 73'), Lucas Torreira, Matias Vecino; Rodrigo Bentacur (Cristian Rodriguez 59'); Luis Suarez, Cristhian Stuani (Maximiliano Gomez 59').

Perancis: Hugo Lloris; Benjamin Pavard, Raphael Varane, Samuel Umtiti, Lucas Hernandez; Paul Pogba, N'Golo Kante; Kylian Mbappe (Ousmane Dembele 88'), Antoine Griezmann, Corentin Tolisso (Steven Nzonzi 79'); Olivier Giroud.
.

Categories:Sepak bola,
Tags:,