KMP Dharma Ferry II Kandas, SAR Evakuasi 668 Penumpang

KMP Dharma Ferry II Kandas, SAR Evakuasi 668 Penumpang

Evakuasi penumpang KMP Dharma Fery II yang kandas di Muara Sungai Pawan Kabupaten Ketapang Kalimantan Barat. (foto - ist)

Pontianak- Sedikitnya 668 penumpang berhasil dievakuasi tim gabungan yang terdiri atas SAR dan instansi terkait lainnya, menyusul KMP Dharma Fery II kandas di Muara Sungai Pawan Kabupaten Ketapang Kalimantan Barat, pada Jumat 6 Juli sekitar pukul 19.00 WIB.
 
"Proses evakuasi nerjalan lancar dan berhasil dilakukan Tim SAR bersama dengan instansi terkait lainnya," kata Kepala SAR Pontianak Hery Marantika di Pontianak, Sabtu (7/7/2018).
 
Menurutnya, KMP Dharma Fery II berangkat dari pelabuhan Tanjung Emas Semarang menuju Pelabuhan Sukabangun Kabupaten Ketapang. Karena kondisi air sungai Pawan sedang surut, sehingga armada penyeberangan tersebut kandas.
 
"Penumpang secara keseluruhan berhasil dievakuasi dengan selamat dengan menggunakan RIB Pos SAR Ketapang, kapal cepat milik KSOP dan kapal lainnya," katanya.
 
Begitu mendapat informasi, pihaknya bersama instansi terkait langsung melakukan pemindahan penumpang dengan armada transportasi yang lebih kecil dan aman. Hal itu, dilakukan sebagai bentuk antisipasi bila terjadi hal yang tidak diinginkan karena kondisi alam atau lainnya.
 
Ia menambahkan, proses evakuasi tersebut melibatkan 30 orang tim SAR gabungan, yang dimulai pukul 05.00 WIB pagi hingga pukul 14.00 WIB. Sebanyak 668 penumpang itu, terdiri atas penumpang dewasa sebanyak 615 orang, anak-anak 45 orang dan balita delapan orang. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,