Inggris Melangkah ke Semifinal Usai Gulingkan Swedia 2-0

Inggris Melangkah ke Semifinal Usai Gulingkan Swedia 2-0

Para suporter Inggris berpesta setelah timnya menggulingkan Swedia 2-0. (foto - Reuters)

Samara - Inggris sukses  menggulingkan  Swedia  dalam laga  perempatfinal  Piala Dunia 2018 di  Samara Arena,  Sabtu (7/7/2018) malam. Inggris unggul 2-0 atas Swedia, berkat gol dari Harry Maguire dan Dele Alli, yang mengantarkan Inggris melaju ke semifinal.
 
Kedua tim tidak terlalu terburu-buru untuk menyerang ke lini pertahanan lawan. Baik Inggris dan Swedia terlihat mempelajari cara bermain masing-masing tim, untuk mencari celah di lini pertahanan. Bola pun lebih banyak berada di tengah lapangan, yang mempertunjukkan pertempuran antara gelandang kedua tim.
 
Namun, peluang pertama justru hadir melalui tendangan jarak jauh dari luar kotak penalti, yang dilakukan pemain Swedia Viktor Claesson menit 12. Namun, sayang peluang itu tidak berbuah gol pembuka bagi Swedia.
 
Inggris pun balas menyerang dengan memanfaatkan aksi Raheem Sterling, yang menerobos ke lini pertahanan Swedia pada menit 19. Kapten Inggris, Harry Kane meneruskan usaha Sterling dengan tendangannya, tapi masih menyamping dari gawang Swedia yang dijaga Robin Olsen.
 
Kebuntuan bagi Inggris lahir menit 30, saat Maguire mampu memanfaatkan sepak pojok Ashley Young. Sundulan pemain Leicester City itu mampu membawa Inggris unggul atas Swedia.
 
Tertinggal satu gol membuat para pemain Swedia lebih keluar untuk menyerang, untuk mencari gol penyeimbang. Namun, usaha dari para pemain Swedia masih membentur pertahanan tim asuhan Gareth Southgate tersebut.
 
Menit 44, Sterling mendapatkan peluang namun gagal menjadikannya gol kedua bagi Inggris. Alhasil, hingga babak pertama berakhir keunggulan satu gol bagi Inggris atas Swedia bertahan hingga turun minum.
 

Memasuki babak kedua, Swedia memulai berinisiatif melakukan serangan demi mencari gol penyama kedudukan. Namun, para pemain Inggris masih terlalu siap membendung serangan Swedia itu pada menit-menit awal babak kedua.

 

 

 
Inggris yang menambah jumlah golnya di papan skor pada menit 53. Giliran sundulan Alli mampu menggetarkan jaring gawang Olsen untuk keduakalinya. Pemain Tottenham Hotspur itu mampu memanfaatkan dengan baik umpan matang dari Jesse Lingard dari luar kotak penalti.
 

Swedia semakin semakin gencar untuk melancarkan serangan ke lini pertahanan Inggris. Menit 71 penjaga gawang Inggris Jordan Pickford harus berjibaku demi mengamankan tendangan Marcus Berg, yang mendapatkan umpan dari sisi kanan pertahanan tim asuhan Gareth Southgate itu.

 

 

Hingga wasit meniupkan peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan, tidak ada gol tambahan yang tercipta dari kedua tim. Inggris tetap unggul atas Swedia 2-0 hingga pertandingan bubaran. (Jr.)**

Susunan pemain:

Swedia: Robin Olsen; Emil Krafth, Victor Lindelof, Andreas Granqvist, Ludwig Augustinsson; Viktor Claesson, Sebastian Larsson, Albin Ekdal, Emil Forsberg; Ola Toivonen, Marcus Berg.

Inggris: Jordan Pickford; Kyle Walker, John Stones, Harry Maguire, Jordan Henderson; Kieran Trippier, Jesse Lingard, Dele Alli, Ashley Young; Raheem Sterling, Harry Kane.

.

Categories:Sepak bola,
Tags:,