Menpora Pantau PON Jabar 2016

Menpora Pantau PON Jabar 2016

Menteri Pemuda dan Olah Raga (Menpora) Imam Nahrawi. ANTARA FOTO

Bandung - Menteri Pemuda dan Olah Raga (Menpora) Imam Nahrawi akan memantau terus persiapan Jawa Barat sebagai tuan rumah PON XIX/2016 yang digelar 9-23 September 2016.

"Persiapan Jabar sebagai tuan rumah dipantau terus untuk memastikan kesiapan maksimal. Hasil pada Porda XII/2014 diharapkan turut mendukung kesuksesan penyelenggaraan PON XIX/2016," kata Menpora saat menutup Porda Jabar XII/2014 Kabupaten Bekasi, Minggu malam (23/11/2014).

Selain memantau dan memastikan kesiapan Jabar dalam menyongsong penyelenggaraan PON di tahun 2016, juga sebagai salah satu persiapan menjelang Jabar yang juga akan menjadi penyelenggara sejumlah pertandingan Asian Games 2018.

Pada kesempatan itu, ia menegaskan momen pertandingan Kejurda, Kejurnas dan Porda diharapkan menjadi ajang pembibitan atlet dan awal kebangkitan prestasi olahraga di Indonesia.

Menurut dia, Kontingen Indonesia harus mengembalikan julukan sebagai "Macan Asia" di berbagai bidang termasuk olahraga serta selalu menorehkan sejarah yang membanggakan dan dikenang oleh generasi mendatang.

Ia mengapresiasi Jawa Barat yang telah berupaya untuk melakukan persiapan maksimal penyelenggaraan PON XIX/2016.

Menurut dia, Jabar memiliki SDM bidang olahraga sehingga diharapkan penyelenggaraan PON XIX/2016 akan berlangsung maksimal.

Jabar akan menjadi tuan rumah PON kedua kalinya. Pengalaman pertama Jabar menjadi tuan rumah PON V/1961 sekaligus menjadi juara umum.

Termasuk pada PON XIX/2016 mendatang Jabar menargetkan Jabar Kahiji atau juara umum pada ajang itu. Sejumlah persiapan dan pembangunan infrastruktur sudah dilakukan Jabar sejak beberapa waktu lalu, dan ditargetkan pada 2015 seluruh venue dan fasilitas pendukungnya sudah tuntas terbangun.

"Kami menargetkan pada 2015 seluruh venue sudah tuntas dibangun, sehingga 2016 konsentrasi pada persiapan penyelenggaraan," kata Gubernur Jabar H Ahmad Heryawan.

Pembukaan dan penutupan PON XIX/2016 akan dilakukan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) di kawasan Gedebage Kota Bandung, mempertandingkan 44 cabang olahraga yang digelar di 14 kabupaten/kota di Jabar. (AY)

.

Categories:Olahraga,
Tags:olahraga,