Inggris Tersungkur, Kroasia Tampil Gemilang ke Partai Final

Inggris Tersungkur, Kroasia Tampil Gemilang ke Partai Final

Kekecewaan para suporter Inggris usai dikandaskan Kroasia di Stadion Luzhniki Kamis 12 Juli dinihari WIB. (foto - Reuters)

Moskow - Kroasia tampil  gemilang dengan  mengandaskan  Inggris  di semifinal  berlangsung di  Stadion Luzhniki,  Kamis (12/7/2018) dinihari WIB. Inggris harus mengakui kemenangan lawannya Kroasia dengan skor akhir 1-2, usai melalui 120 menit laga.
 
Kemenangan itu mengantarkan Kroasia melangkah ke partai final Piala Dunia 2018. Di partai puncak, Kroasia bakal berhadapan dengan Perancis, yang di laga sebelumnya mengalahkan Belgia. Sementara Inggris bakal melakoni satu lagi pertandingan dalam perebutan tempat ketiga melawan Belgia pada akhir pekan ini.
 
Tampil menekan sejak menit awal, Inggris terus memborbardir pertahanan Kroasia. Pada menit 7 Inggris berhasil unggul setelah sepakan bebas Trippier meluncur tanpa mampu dibendung Subasic. Skor 0-1 untuk Inggris.
 
Tertinggal satu gol membuat Kroasia semakin gencar melakukan serangan. Sebuah peluang emas dari aksi Rebic mampu mereka dapatkan. Namun, sayang sepakan keras Rebic masih belum tepat sasaran. Inggris sejatinya mampu menggandakan keunggulan lewat gol dari Kane menit 22.
 
Namun, gol Kane dianulir wasit lantaran penyerang Tottenham Hotspur itu sudah lebih dahulu berada di posisi offside. Kroasia kembali mendapatkan peluang emas untuk bisa menyamakan kedudukan. Dengan memanfaatkan sepakan keras, Rebic kembali memberikan ancaman ke gawang Inggris.
 
Kroasia lagi-lagi gagal memaksimalkan peluang emas mereka jadi gol sebelum turun minum. Kali ini sepakan Modric yang masih mampu diamankan barisan belakang Inggris. Hingga 45 menit pertama usai, Inggris mampu menjaga keunggulan 1-0 atas Kroasia.
 
Memasuki babak kedua, Kroasia langsung tampil menekan pertahanan Inggris. Bahkan, mereka nyaris bisa menyamakan kedudukan melalui aksi dari Mandzukic. Namun sepakan Mandzukic mampu diamankan barisan belakang Inggris.
 
Giliran Inggris yang memberikan ancaman ke pertahanan Kroasia melalui aksi dari Kane. Menyisir sisi kanan pertahanan Kroasia, Kane menyudahi aksinya itu dengan sebuah tembakan. Namun tembakan Kane masih belum tepat sasaran.
 
Upaya Kroasia untuk bisa menyamakan kedudukan akhirnya terbayarkan di menit 68. Perisic berhasil mencatatkan namanya di papan skor, setelah sepakannya yang memanfaatkan umpan silang dari Vrsaljko tak mampu digapai Pickford. Skor menjadi 1-1.
 
Keberhasilan Kroasia menyamakan kedudukan membuat tempo pertandingan menjadi semakin tinggi. Kedua tim saling berbalas serangan demi bisa mendapatkan gol. Namun upaya kedua tim masih belum membuahkan hasil positif.
 
Di menit-menit akhir babak kedua, Lovren coba melepaskan sepakan spekulasi dari luar kotak penalti. Namun tembakannya belum tepat sasaran. 90 menit laga pun berakhir, kedudukan masih 1-1, sehingga berlanjut ke babak tambahan.
 
Menit 103, Inggris kembali mengancam pertahanan Kroasia melalui aksi dari Rashford. Memanfaatkan umpan silang Rose, Rashford coba menyambutnya dengan sundulan. Namun Lovren dengan sigap memotong umpan silang dari Rose.
 
Kroasia nyaris membuat pendukung Inggris terhentak melalui aksinya. Menerima umpan matang dari Perisic, Mandzukic melepaskan sepakan first time. Namun, lagi-lagi Pickford masih mampu menghalau aksi Mandzukic.
 
Empat menit babak tambahan kedua, Kroasia akhirnya mampu berbalik unggul atas Inggris lewat gol dari Mandzukic. Ia lolos dari perangkap offside berhasil melepaskan sepakan kaki kanannya tanpa mampu dihadang oleh Pickford. Kroasia unggul 2-1 atas Inggris.
 
Satu menit jelang babak tambahan kedua usai, Kramaric nyaris memperbesar keunggulan bagi Kroasia. Namun tembakan yang dilepaskan pemain TSG Hoffenheim itu menyamping di sisi kiri gawang Inggris. Tidak ada lagi gol tambahan dari kedua tim. Inggris pun harus mengakui keunggulan Kroasia, dengan skor akhir 1-2. (Jr.)**

Susunan Pemain: 

Kroasia (4-1-4-1): Subasic; Vrsaljko, Lovren, Vida, Strinic (Pivaric 96’); Brozovic; Rebic (Kramaric 101’), Modric (Badelj 120’), Rakitic, Perisic; Mandzukic (Corluka 116’).

Inggris (3-4-1-2): Pickford; Walker (Vardy 115’), Stones, Maguire; Henderson (Dier 97’); Trippier, Lingard, Alli, Young (Rose 93’); Sterling (Rashford 76’), Kane.

.

Categories:Sepak bola,
Tags:,