Luka Modric Raih Penghargaan Golden Ball Piala Dunia 2018

Luka Modric Raih Penghargaan Golden Ball Piala Dunia 2018

Presiden Kroasia Kolinda Grabar peluk Luka Modric. (foto - Newsday)

Moskow - Kapten Tim Nasional (Timnas) Kroasia Luka Modric, dinobatkan sebagai peraih Golden Ball Piala Dunia 2018 di Stadion Luzhniki Rusia, Senin (16/7/2018) dinihari WIB. Penampilan gemilangnya bersama Kroasia di sepanjang gelaran Piala Dunia 2018, membuat namanya terpilih pemain terbaik di turnamen itu.

Performa Modric memang tidak diragukan lagi. Pemain Real Madrid itu mampu mengantarkan Kroasia yang sejatinya bukan tim favorit, namun berhasil menembus laga final dan menduduki posisi runner-up Piala Dunia 2018.

Ini menjadi pertamakalinya sejak 1994, peraih Golden Ball diraih oleh tim yang kalah di partai final. Terakhir peraih Golden Ball dari tim runner-up terjadi pada 1994, di mana pemain Brasil yakni Romario dinobatkan menjadi pemain terbaik di sepanjang turnamen.

Keberhasilannya pun mengungguli dua pemain lainnya yang juga dicalonkan sebagai peraih Golden Ball. Pemain berusia 32 tahun itu menang atas Eden Hazard (Belgia), yang berada di tempat kedua dan Antoine Griezmann (Perancis) di posisi ketiga.

Modric pada Piala Dunia 2018 telah mencetak dua gol dan satu assist. Dua gol Modric dilesakkan saat Kroasia memenangi laga babak penyisihan grup D melawan Nigeria dan Argentina. Meski tidak mencetak banyak gol, perannya di tengah lapangan sangat berarti bagi Kroasia.

Kontribusi apiknya pun sering membuat pertahanan lawan kesulitan untuk menghentikan permainan hebat dari Modric. Perjalanan Kroasia untuk melaju ke final memang tidak disangka. Tim berjuluk Vatreni itu disebut sebagai kuda hitam, yang diprediksi hanya akan merepotkan tim favorit di Piala Dunia 2018.

Namun, Kroasia yang dimotori Modric mampu membawa angin segar, di mana mereka berhasil melaju ke final dengan beberapa kali menumbangkan tim besar. Antara lain Argentina, Inggris dan Spanyol, bahkan tuan rumah Rusia. (Jr.)**

.

Categories:Sepak bola,
Tags:,