Lerry Siwu Rebut Juara Dunia WBO

Lerry Siwu Rebut Juara Dunia WBO

Larry Siwu (kedua dari kiri) berfoto bersama sesaat sebelum bertanding melawan Untung Ortega.(Foto:Net)

Tabanan - Lerry Siwu petinju andalan Indonesia berhasil merebut juara Dunia WBO "Asia Pacific Welter Weight Title in Tabanan 2014" setelah merobohkan petinju Thailand Eakkhumpol Morkrungthepthonburi pada ronde ke-5, di Lapangan Alit Saputra Dangin Carik Tabanan, Sabtu malam (22/11/2014).

Pertandingan memperebutkan gelar juara Dunia WBO melibatkan 16 petinjul dalam dan luar negeri disaksikan Ketua Pertina Bali sekaligus Ketua DPRD Provinsi Bali N. Adi Wiryatama, Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti dan Wabup I Komang Gede Sanjaya.

Selain itu Kapolda Bali Irjen. Pol Drs Benny Mokalu, S.H, Sekda Tabanan I Nyoman Wirna Ariwangsa, Promotor Agus Marmaya dan Zainal Tayib, jajaran muspida dan, serta para SKPD Pemerintah Kabupaten Tabanan.

Kejuaraan Tinju yang bertajuk "WBO Asia Pacific Welter Weight in Tabanan 2014", merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka memeriahkan perayaan HUT ke 521 Tahun Kota Tabanan.

Pertandingan tersebut digelar secara gratis untuk memenuhi keinginan masyarakat khususnya penggemar tinju di daerah "gudang beras" Pulau Dewata itu.

Lerry Siwu, petinju plontos itu mengkandaskan perlawanan Eakkhumpol pada ronde ke-5 dari 12 ronde yang direncanakan. Sejak lonceng sebagai tanda dimulainya pertandingan, petinju kebanggaan Indonesia gencar mendaratkan "hook dan japnya" ke rusuk dan wajah petinju Thailand.

Namun lawannya Eakkhumpol hanya mampu bertahan hingga ronde ke-5. Di Ronde kelima, Lerry Siwu berhasil menang "KO .

Dalam pertandingan kali ini ditampilkan delapan partai yang terdiri atas, satu partai memperebutkan gelar juara dunia WBO Asia Pacific kelas welter 66,6 kg, satu partai memperebutkan juara Nasional kelas welter 66,6kg, dan enam partai tambahan di antaranya kelas bantam 53,5 kg, kelas bulu junior 55,3 kg 2 partai, kelas terbang 50,8 kg dan kelas ringan 61,2 kg.

Tidak kalah menariknya, kejuaraan kali ini dihadiri oleh para petinju yang mengharumkan nama Indonesia di tingkat dunia yakni mantan juara dunia WBA Chris John dan Daud "Cino" Jordan yang dulunya petinju kelas IBO kini pindah ke kelas WBO.

Sebagai partai pembuka pertandingan kali ini adalah partai hiburan yang menampilkan Andika Primatama dari Mirah Boxing Bali berhadapan dengan Solihin yang direncanakan enam ronde, namun sudah dimenangkan oleh Andika Primatama dironde ke-2.

Untuk Kejuaraan Nasional kelas welter 66,6 kg /12 ronde menampilkan juara Nasional Maxi Nahak Belu dari Sasando Bc Tanggerang berhadapan dengan Sahlan Coral peringkat tiga nasional, yang dimenangkan oleh Sahlan Coral dengan T.K.O dironde ke 5 dari 12 ronde yang direncanakan.

Sabuk emas WBO Asia Pacific langsung dipakaikan oleh Bupati Eka setelah pertandingan usai, dan memberikan bonus berupa uang tunai kepada sang New World Championship Lerry Siwu. (AY)

.

Categories:Olahraga,