Sambut Timnas, Lautan Manusia Padati Alun-alun di Zagreb

Sambut Timnas, Lautan Manusia Padati Alun-alun di Zagreb

Puluhan ribu orang padati Alun-alun Zagreb sambut kedatangan timnas Kroasia. (foto - Reuters)

Zagreb - Ratusan ribu  warga Kroasia  mengenakan kemeja  kotak - kotak merah dan putih  serta sejumlah atribut  lainnya memadati alun-alun Zagreb, Senin (16/7/2018) waktu setempat. Mereka menyambut kepulangan tim nasional, setelah menorehkan sejarah di Piala Dunia 2018.

Pada perhelatan Piala Dunia 2018 di Rusia, Timnas Kroasia hanya keluar sebagai finalis setelah dikalahkan Perancis dengan skor 2-4 di Stadion Luzhniki, Minggu 15 Juli malam WIB.

Meski kalah dari Perancis, Kroasia tetap menorehkan prestasi terbaiknya dalam sejarah sepakbola dunia. Pasalnya, Luka Modric dkk berhasil melampaui target juara ketiga pada Piala Dunia 1998, atau tepat 20 tahun lalu saat Perancis keluar sebagai pemenang.

Keberhasilan timnas Kroasia di Rusia membawa sukacita yang nyata bagi negara yang berpenduduk sekitar 4 juta tersebut. Lautan manusia pun menyambut kepulangan tim besutan Zlatko Dalic dari Rusia. Perayaan itu pun disiarkan secara langsung oleh televisi nasional.

Uniknya, ketika pesawat timnas Kroasia memasuki wilayah ruang udara Kroasia, mereka dikawal dua pesawat jet tempur. Ini sebagai bentuk penghormatan atas keberhasilan mereka melampaui target di Piala Dunia 2018.

Setelah mendarat, karpet merah sudah terpasang untuk menyambut kedatangan para pemain. Setelah itu, tim bergegas naik bus terbuka menuju pusat kota, yang sudah dipadati lautan manusia yang siap berpesta.

Setelah empat jam perjalanan, bus berhenti sekitar satu kilometer dari alun-alun pusat, karena tidak dapat melewati kerumunan. Lebih dari 300.000 orang menunggu berjam-jam di sekitar alun-alun, dengan melantunkan dan melambai-lambaikan spanduk selamat datang dan bendera nasional.

"Kami harus menggunakan kesempatan ini untuk membangun serta meningkatkan infrastruktur sepakbola kami, dan berusaha menjadi lebih baik," kata Robert Prosinecki, mantan gelandang Kroasia yang memenangkan medali perunggu di Perancis tahun 1998. Perayaan itu diperkirakan terus berlanjut hingga malam, ketika bus perlahan bergerak menuju alun-alun Zagreb. (Jr.)**

.

Categories:Sepak bola,
Tags:,