Piala AFF Gunakan Bola Baru

Piala AFF Gunakan Bola Baru

Piala AFF Gunakan Bola Baru

Jakarta - Kejuaraan sepak bola terbesar di Asia Tenggara, yaitu Piala AFF 2014 di Singapura dan Vietnam yang dimulai 22 November menggunakan bola jenis baru dan berasal dari merek perusahaan yang berbeda dengan sebelumnya, yakni Mitre Delta V12S.

Selama ini, kejuaraan dua tahunan yang sebelumnya bernama Piala Tiger ini selalu menggunakan produk dari perusahaan asal Amerika Serikat yaitu Nike. Meski menggunakan bola baru, kemungkinan besar tidak akan ada masalah karena sudah diakui oleh FIFA.

"Kerja sama kami selama dua periode yaitu Piala AFF 2014 di Singapura dan Vietnam serta Piala AFF 2016 di Myanmar dan Filipina," kata Direktur Mitre Indonesia , Lie Lie Lien seperti dalam siaran pers yang diterima media, Senin (24/11/2014).

Penandatanganan kerja sama antara AFF dengan Mitre yang selanjutnya sebagai penyedia bola resmi Piala AFF ini dilakukan langsung oleh President of Asean Football Federation (AFF), Sultan Ahmad Shah dan Vice President of International Business Development Mitre Sports International, Greg Cowan beberapa waktu lalu.

Lie Lie Lien menambahkan, produk yang menjadi bola resmi Piala AFF 2014 dan 2016 menggunakan teknologi terbaru. Dengan demikian, bola yang digunakan untuk kejuaraan bergengsi ini telah sesuai dengan standar yang ditetapkan termasuk pengakuan dari federasi sepak bola dunia atau FIFA.

"Mitre yang berdiri sejak 1817 telah diakui sebagai produsen tertua di dunia sepakbola dan pastinya Piala AFF ini akan memberikan kita platform baru untuk menunjukkan kemajuan teknologi dari produk-produk kami," katanya menegaskan.

Sementara itu, Vice President of Product and Marketing Mitre Sports International, Chirag Patel mengatakan, dengan adanya kerja sama dengan AFF diharapkan mampu membangun brand-awareness pada skala global dan menciptakan peluang penjualan di negara-negara dimana sepakbola adalah olahraga nomor satu yang dicintai dan diminati oleh jutaan orang.

Kejuaraan Piala AFF 2014 yang diikuti delapan tim terbagi dalam dua grup. Grup A yang bertanding di Hanoi, Vietnam diikuti oleh Indonesia, Filipina, Laos dan tuan rumah Vietnam. Sedangkan Grup B bermain di Singapura yang diikuti oleh Thailand, Malaysia, Myanmar serta tuan rumah Singapura.

Pertandingan pertama masing-masing grup sudah digelar. Di Grup A, tuan rumah Vietnam harus bermain imbang 2-2 dengan Indonesia, sedangkan Filipina menang telak 4-1 atas Laos. Atas hasil ini, Filipina bertengger dipuncak klasemen dengan raihan tiga poin disusul Indonesia dengan satu poin, Vietnam satu poin dan Laos nol poin.

Di Grup B, tuan rumah Singapura harus mengakui keunggulan Thailand dengan skor 1-2, sedangkan Malaysia harus berbagi poin dengan Myanmar setelah bermain imbang 0-0. Dengan demikian, Thailand bertengger dipuncak klasemen dengan tiga poin, disusul Malaysia dan Myanmar dengan satu poin dan Singapura dengan nol poin. (AY)

.

Categories:Sepak bola,
Tags:sepak-bola,