Gedung Berlantai 6 di India Runtuh, Puluhan Orang Terjebak

Gedung Berlantai 6 di India Runtuh, Puluhan Orang Terjebak

Gedung permukiman di kompleks perumahan di Greater Noida, Uttar Pradesh India runtuh. (foto - StraitsTimes)

New Delhi - Sedikitnya  tiga  orang  tewas  akibat  gedung  yang  masih  dalam  pembangunan  di  kompleks perumahan di Greater Noida, Uttar Pradesh India runtuh, Selasa 17 Juli malam. Gedung tersebut runtuh menimpa bangunan lain di sebelahnya yang dihuni warga.
 
Dilansir AFP, Rabu (18/7/2018) puluhan orang terjebak dalam reruntuhan gedung tersebut. Petugas bekerja keras mengangkat reruntuhan bangunan untuk mengeluarkan para korban. Kawasan Greater Noida yang merupakan kota satelit dari New Delhi.
 
Sejauh ini, pihak berwenang belum bisa memastikan ada berapa orang di dalam gedung berlantai enam itu saat kejadian. "Kami tak punya bukti kuat mengenai berapa jumlah orang yang berada di dalam gedung saat kejadian," kata kepala pemadam kebakaran setempat, Arun Kumar Singh.
 
Namun, ia memastikan terdapat sejumlah orang selain korban tewas yang berada di dalam gedung. Setidaknya 100 orang dikerahkan untuk mengangkat reruntuhan. Peralatan berat pun digunakan untuk mencari para korban.
 
Greater Noida dikenal sebagai kompleks permukiman vertikal untuk menampung warga kelas menengah. Mereka tidak tinggal di New Delhi, karena harga properti serta biaya sewa tempat tinggal di sana terlalu tinggi.
 
Namun pembangunan gedung permukiman di sana cenderung mengabaikan aturan konstruksi dari pemerintah. Bangunan dibuat dari material di bawah standar demi mencari keuntungan.
 
Kejadian bangunan atau konstruksi runtuh di India selama ini memang  sering terjadi, terutama di musim hujan antara Juni sampai September. Pada Mei lalu, sedikitnya 18 orang tewas akibat jalan layang runtuh menimpa sejumlah kendaraan yang melintas di atasnya. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,