11 Orang Keracunan Gas di Klinik Kecantikan Kelapa Gading

11 Orang Keracunan Gas di Klinik Kecantikan Kelapa Gading

Proses pengeluaran gas CO2 di klinik kecantikan Chloe Kalena kawasan Kelapa Gading Jakarta Utara. (foto - ist)

Jakarta - Sedikitnya sebelas  pegawai termasuk  tamu klinik kecantikan  "Chloe Kalena"  di kawasan Kelapa Gading Jakarta Utara diduga keracunan gas CO2. Para korban saat ini dirawat di rumah sakit, Jumat malam.
 
"Diduga karena keracunan gas CO2, korban 11 orang sudah kita evakuasi ke Rumah Sakit Mitra Kelapa Gading dan Pluit," kata Kasudin Pemadam Kebakaran Jakarta Utara Satriadi Gunawan, Jumat (20/7/2018).
 
Peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 18.20 WIB. Petugas Damkar Jakarta Utara mengerahkan dua unit rescue ke klinik tersebut, yang beralamat di Jalan Boulevard Barat Raya Blok LC 6 Kelapa Gading Jakarta Utara itu.
 
Sejauh ini, belum diketahui sumber kebocoran gas CO2 tersebut. Menurut Satriadi Gunawan, saat ini pihaknya masih melakukan proses pengeluaran gas CO2 tersebut.
 
"Pada prinsipnya sekarang ini sudah aman. Sekarang lagi dalam proses mengeluarkan gas CO2. Nanti ada tim dari B3 yang mau datang, untuk memastikan bahwa kondisinya aman," tegas Satriadi. Dalam proses evakuasi, sejumlah korban ditemukan dalam kondisi pingsan.
 
Sementara itu, Komandan Pleton Grup C Kelapa Gading Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Utara Tri Heru Susanto menjelaskan, ke- 11 orang yang dievakuasi mengalami pusing, muntah bahkan beberapa di antaranya pingsan.
 
"Anggota kami dibantu tenaga medis (Puskesmas) Kecamatan Kelapa Gading mengevakuasi ke-11 orang tersebut. Disebutkan, gas yang bocor berasal dari mesin sempat menguap sampai ke lantai dua gedung.
 
 
Karena tidak ada ventilasi, 11 orang di dalam gedung menghirup gas CO2 yang memenuhi ruangan. 
"Sebetulnya itu gas yang disebabkan oleh mesin yang dinyalakan di ruang tertutup, sehingga timbul gas yang menyengat," kata Tri.
 
Sebuah alat smoke removal sudah dipasang di pintu masuk untuk menyedot sisa gas yang ada di dalam ruangan. Dokter Vicky dari Puskesmas Kecamatan Kelapa Gading mengatakan, 9 dari 11 orang sudah dilarikan ke rumah sakit. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,