BMKG Riau : Petir Diperkirakan Sambut Presiden Jokowi

BMKG Riau : Petir Diperkirakan Sambut Presiden Jokowi

rtugas BMKG Menunjukan Aktivitas Cuaca. (Foto: Net)

Pekanbaru - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru memprakirakan sebagian besar wilayah kabupaten/kota di Provinsi Riau mendung dan hujan disertai petir saat kunjungan Presiden Joko Widodo pada Rabu, 26 November.

"Kondisi ini juga telah kami sampaikan ke Pasukan Pengamanan Presiden atau Paspampres berkaitan dengan rencana kedatangan Presiden," kata analis BMKG Stasiun Meteorologi Pekanbaru, Ardhitama di Pekanbaru, Senin (24/11/2014).

Ia menjelaskan, prakiraan cuaca mulai hari ini hingga beberapa hari mendatang dominan berawan, peluang hujan pada siang sampai dengan malam hari.

Menurut dia, kondisi itu berlaku untuk seluruh wilayah kabupaten/kota atau merata dengan intensitas ringan sampai sedang.

Ardhitama mengatakan, potensi angin kencang tidak begitu dominan sampai pada jadwal kedatangan presiden mendatang.

"Hanya saja akan ada potensi petir khususnya untuk wilayah Riau bagian Barat meliputi Kabupaten Rokan Hulu, Kuantan Singingi dan Kampar," katanya.

Untuk arah angin kata dia dominan dari Tenggara hingga Barat Daya dengan kecepatan berkisar antara 5-10 kilometer per jam.

Menurut dia peluang hujan yang merata itu disebabkan sebagian besar Riau memang telah memasuki puncak musim hujan.

Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan tiba di Pekanbaru pada Rabu (26/11) untuk kemudian kembali diterbangkan ke Kabupaten Kepulauan Meranti dengan melintasi kawasan Taman Nasional Tesso Nillo (TNTN) dan kawasan hutan lindung Pulau Padang dan Giam Siak Kecil Bukitbatu yang sebelumnya sempat terbakar.

Kunjungan Jokowi tersebut sebagai tindak lanjut laporan keresahan masyarakat Riau yang setiap tahun sejak 17 tahun terakhir menjadi korban atas bencana kebakaran hutan dan lahan penyebab polusi asap.  (AY)

.

Categories:Nasional,
Tags:nasional,