Penunjukan Calon Sekda Pemkot Bandung Menuai Protes

Penunjukan Calon Sekda Pemkot Bandung Menuai Protes

Pertemuan ormas dan LSM dengan Asisten I Pemerintahan Pemkot Bandung Kamalia Purbani di Balaikota. (foto - prfmnews)

Bandung - Penunjukan Benny Bachtiar sebagai calon Sekda Kota Bandung yang akan diajukan oleh Walikota Bandung Ridwan Kamil kepada Kemendagri menuai protes dari kalangan Ormas dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM).
 
"Keprihatinan kami terhadap kondisi Kota Bandung sangat jelas, ditambah dengan adanya pengangkatan Sekda baru, yang mana para kader/pejabat di Kota Bandung semua tidak ada yang memenuhi syarat. Dengan demikian, pengangkatan sekda pun dari luar daerah," kata Ketua LSM GMBI Kota Bandung Moch. Mashur saat berorasi di Balaikota Bandung, Senin (23/7/2018).
 
Pria yang sering dipanggil Abah itu mengatakan, pihaknya kecewa Kota Bandung tidak memiliki kader PNS yang memenuhi syarat menjadi Sekda. Hal itu membuat dia dan rekan-rekannya khawatir akan masa depan Pemkot Bandung.
 
"Selain itu kami merasa khawatir atas kondisi Kota Bandung ke depan, karena belum apa-apa Sekda yang baru sudah membuat polemik di masyarakat," kata.
 
Ia menilai, tidak terpilihnya kader PNS Kota Bandung jadi Sekda akan menjadi preseden buruk bagi Kota Bandung, karena pejabat Kota Bandung akan dianggap tidak kompeten. Padahal, Kota Bandung dipenuhi oleh pejabat yang layak jadi Sekda.  "Kami yakin, para pejabat Pemerintah Kota Bandung juga banyak yang berpotensi dan lebih memahami terhadap kultur dan situasi di Kota Bandung," tegasnya.
 
Pernyataan sikap LSM GMBI terkait penunjukan Benny Bachtiar jadi calon Sekda Kota Bandung:

- Menolak Keputusan Panitia Pengangkatan Sekda Kota Bandung karena Sekda yang baru bukan berasal dari pejabat Kota Bandung. Keputusan itu akan menjadi preseden buruk dan akan dianggap Kota Bandung tidak ada yang berpotensi untuk menjadi sekda.

- Kami meminta kepada Panitia Pengangkatan Sekda Kota Bandung merevisi dan mencabut kembali keputusan itu mengingat adanya system otonomi daerah. 

- Kami meminta kepada panitia pengangkatan Sekda Kota Bandung agar menghargai para pejabat yang ada di Kota Bandung.

- Kami meminta kepada Walikota terpilih agar mengubah keputusan tersebut, dan jangan takut atas intervensi dari pihak manapun. (Jr.)**

.

Categories:Bandung,
Tags:,