KPU Resmi Tetapkan Ridwan Kamil - Uu Pimpin Jawa Barat

KPU Resmi Tetapkan Ridwan Kamil - Uu Pimpin Jawa Barat

Rapat pleno terbuka penetapan paslon terpilih Pilgub Jabar 2018 di Kantor KPU Jabar Jalan Garut Bandung, Selasa 24 Juli 2018. (foto - ist)

Bandung - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat secara resmi menetapkan Ridwan Kamil - Uu Ruzhanul Ulum (Rindu), sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat terpilih periode 2018 - 2023.
 
Hal tersebut diputuskan lewat "Rapat Pleno Terbuka Penetapan Pasangan Calon Terpilih Pilgub Jabar 2018" di Kantor KPU Jabar Jalan Garut Bandung, Selasa (24/7/2018).
 
"KPU Jawa Barat menetapkan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Nomor Urut 1 Ridwan Kamil - Uu Ruzhanul Ulum, sebagai pasangan terpilih dalam Pilgub Jabar 2018," kata Ketua KPU Jabar Yayat Hidayat.
 
Penetapan tersebut dilakukan setelah pihaknya mendapatkan pengumuman resmi dari Mahkamah Konstitusi (MK) sehari sebelumnya. Pengumuman itu terkait dengan penetapan paslon terpilih tanpa gugatan.
 
Yayat mengakui, pihaknya merasa  bangga atas penyelenggaraan Pilgub Jabar tersebut. Pasalnya, Jabar merupakan satu dari 171 daerah yang melaksanakan Pilkada serentak 2018, dan tidak ada pengaduan ke MK.
 
"Hanya 70 kasus yang diadukan ke MK. Sebanyak 100 daerah lainnya tidak terdaftar di antaranya Pilgub Jabar. Kita applause untuk keberhasilan kita bersama," tambahnya.
 
Namun demikian, kebahagiaan itu kurang maksimal dikarenakan ada empat daerah di Jabar yang mengajukan gugatan ke MK yakni Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Kota Bekasi dan Kabupaten Bogor.
 
"Mudah-mudahan pasangan calon yang menggugat dan KPU yang tergugat dan paslon terkait, diberikan kesabaran untuk menunggu 45 hari dalam proses gugatan di MK," tegas Yayat.
 
Sementara itu, pada tahapan berikutnya Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum akan dilantik sebagai Gubernur Jabar periode 2018-2023 pada bulan September mendatang. (Jr.)**

 

.

Categories:Politik,
Tags:,