Tio Pakusadewo Dihukum Pidana 9 Bulan Rehabilitasi

Tio Pakusadewo Dihukum Pidana 9 Bulan Rehabilitasi

Tio Pakusadewo didampingi putrinya jelang sidang vonis di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa 24 Juli 2018. (foto - ist)

Jakarta - Majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan menjatuhkan vonis 9 bulan terhadap terdakwa Tio Pakusadewo (54), atas kasus kepemilikan narkoba. Vonis dibacakan oleh Hakim Ketua Asiadi Sembiring, dalam sidang putusan di PN Jakarta Selatan Ampera Raya, Selasa (24/7/2018).
 
"Menyatakan terdakwa Tio Pakusadewo telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana narkotika golongan I untuk dirinya sendiri. Menjatuhkan pidana penjara selama 9 bulan," sebut Asiadi yang diikuti dengan ketukan palu.
 
Vonis itu lebih ringan dari tuntutan jaksa, yakni 6 tahun penjara. "Menetapkan dan memerintahkan penuntut umum segera mengeluarkan terdakwa dari rumah tahanan penjara sejak putusan ini dikeluarkan, agar terdakwa menjalani perawatan melalui rehabilitasi medis di RSKO Cibubur selama enam bulan," lanjut Asiadi.
 
Asiadi menanyakan kepada terdakwa apakah menerima putusan itu. "Saya menerima," kata Tio. Hakim menilai, Tio terbukti melanggar dakwaan subsider Pasal 127 ayat 1 Undang Undang RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, yakni penyalahgunaan.
 
Menurut hakim, hal yang memberatkan, Tio tidak mendukung program pemerintah memberantas penyalahgunaan narkoba dan meresahkan masyarakat atas perbuatannya. Sedangkan yang meringankan, Tio tak pernah dihukum pidana, mengakui perbuatannya dan sopan selama menjalani persidangan.
 
Seperti diketahui, Tio Pakusadewo ditangkap Polda Metro Jaya saat makam malam di rumahnya di Jalan Ampera I Cilandak Timur Jakarta Selatan. Tio membeli sabu dari seorang perempuan bernama Vina seharga Rp 1,5 juta untuk empat klip sabu.
 
Dalam penangkapan, polisi menyita sebanyak 1,06 gram sabu di dalam tiga bungkus plastik klip. Sejumlah barang bukti lainnya, yakni sabu berikut bong, cangklong, korek api gas dan satu unit ponsel juga disita oleh jaksa. (Jr.)**
.

Categories:Nasional,
Tags:,