Ratusan Orang Hilang Terseret Bendungan PLTA Laos Jebol

Ratusan Orang Hilang Terseret Bendungan PLTA Laos Jebol

Sejumlah wilayah kebanjiran akibat bendungan PLTA Xepian-Xe Nam Noy di Distrik San Sai Provinsi Atapeu Laos jebol. (foto - Atapeu Today)

Vientiane - Sedikitnya 100  orang hilang dan sejumlah orang  ditemukan tewas  setelah sebuah bendungan jebol di Laos. Air yang meluap dari bendungan yang jebol tersebut menghanyutkan sejumlah rumah warga.
 
Dilansir Reuters, Selasa (24/7/2018) bendungan yang jebol itu berada di kompleks Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Xepian-Xe Nam Noy di Distrik San Sai Provinsi Atapeu Laos bagian tenggara.
 
Kantor berita Laos News Agency melaporkan, bendungan itu jebol pada Senin 23 Juli malam, sekitar pukul 20.00 waktu setempat. Sekitar 5 miliar meter kubik air yang setara lebih dari 2 juta kolam renang ukuran Olimpiade, tumpah saat bendungan itu jebol. "Sejumlah orang ditemukan tewas dan ratusan lainnya dinyatakan hilang," sebut Laos News Agency dalam laporannya yang juga dilansir Channel News Asia.
 
Otoritas setempat mengerahkan kapal untuk membantu evakuasi warga setempat, setelah air sungai meluap akibat jebolnya bendungan itu. Rumah warga yang berada di bagian selatan Distrik San Sai tersapu terjangan air yang tumpah dari bendungan tersebut.
 
Sejauh ini, tidak dijelaskan lebih lanjut kronologi jebolnya bendungan itu. Namun pihak perusahaan SK Engineering & Construction menyebutkan, hujan deras dan banjir memicu jebolnya bendungan. Mereka menyatakan, tengah bekerja sama dengan pemerintah Laos untuk membantu menyelamatkan desa yang terdampak.
 
"Kami mengerahkan tim darurat dan berencana untuk membantu mengevakuasi dan menyelamatkan warga di sejumlah desa yang berada di sekitar bendungan," sebut juru bicara SK Engineering & Construction.
 
Kelompok pejuang lingkungan telah bertahun-tahun menyatakan kekhawatiran pada ambisi otoritas Laos, dalam membangun PLTA. Para aktivis lingkungan mengkhawatirkan dampak bendungan pada Sungai Mekong, juga flora dan fauna serta warga yang ada di sekitarnya.
 
Sejumlah bendungan masih dalam tahap pembangunan atau tengah direncanakan akan dibangun di Laos. Sebagian besar energi hasil PLTA di Laos akan diekspor ke sejumlah negara tetangga, termasuk Thailand. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,