Saung 'Elit' di LP Sukamiskin Bandung Akhirnya Dibongkar

Saung 'Elit' di LP Sukamiskin Bandung Akhirnya Dibongkar

Petugas mengangkut material pembongkaran saung 'elit' di Lapas Sukamiskin Bandung. (foto - ist)

Bandung - Beredarnya isu  fasilitas mewah bagi koruptor,  saung  'elit'  yang berada di dalam  Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin akhirnya dibongkar.  Pembongkaran dilakukan oleh sejumlah petugas dari Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM), Selasa (24/7/2018) malam.
 
Para petugas hilir mudik mengangkut barang-barang di lapas yang berada di Jalan AH Nasution Kota Bandung tersebut. Hingga pukul 21.30 WIB, sejumlah mobil boks dan truk mondar-mandir keluar masuk lapas.
 
Sedikitnya ada sekitar 5 unit mobil bak terbuka dan satu truk tampak mengangkut sejumlah material saung. Antara lain bambu, kayu dan material lainnya. Plh Kalapas Sukamiskin Kusnali membenarkan adanya pembongkaran tersebut.
 
"Betul ada pembongkaran saung," katanya. Bahan-bahan saung yang sudah dibongkar rencananya dibawa ke rumah barang sitaan (Rumbasan) yang berada tidak jauh dari Lapas Sukamiskin. "Mau dibawa ke Rumbasan," kata salah seorang sopir.
 
Mewahnya lapas yang dihuni oleh para koruptor tersebut terungkap, setelah KPK melakukan OTT terhadap Kalapas Wahid Husen. Seusai OTT di kediaman Wahid, KPK pun langsung menggeledah sel di Lapas Sukamiskin.
 
Atas temuan KPK dalam penggeledahan itu dijumpai banyak barang mewah yang berada di dalam sel koruptor. berupa toilet duduk, televisi, kasur empuk hingga kulkas. Selain barang mewah, keberadaan saung 'elit' itu pun menyita perhatian masyarakat.
 
Saung yang konon dibangun dari hasil swadaya para penghuni lapas itu disebut memiliki fungsi sebagai tempat besuk. Keberadaan saung tersebut mencuri perhatian publik, karena disebut-sebut kondisinya begitu mewah. (Jr.)**
.

Categories:Bandung,
Tags:,