Gelombang Tinggi Sapu Rumah & Warung di Pantai Rancabuaya

Gelombang Tinggi Sapu Rumah & Warung di Pantai Rancabuaya

Jalanan terendam air laut akibat gelombang tinggi di Pantai Rancabuaya Kabupaten Garut. (foto - ist)

Garut - Gelombang tinggi mengempas sejumlah bangunan dan jalanan yang berada di pesisir Pantai Rancabuya Kabupaten Garut. Bahkan, ombak setinggi 4 hingga 5 meter tersebut sempat merusak sebagian bangunan yang ada di bibir pantai.
 
Warga pun panik melihat gelombang setinggi tersebut, ketika air laut merendam warung-warung yang berada di pinggir pantai. Tidak sedikit warga yang berhamburan menyelamatkan diri dan menyelamatkan harta milik mereka.
 
Petugas Badan Penanggulang Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut dibantu warga setempat, Kamis (26/7/2018) bersiaga untuk menanggulangi hal-hal yang tidak diinginkan. Dihawatirkan, gelombang setinggi akan berlangsung lama, sehingga bisa mengakibatkan kerusakan lebih parah.
 
Banyak rumah warga dan warung di sepanjang pantai terendam air laut, sehingga mengakibatkan kerusakan. Bahkan beberapa pohon besar termasuk pohon kelapa tumbang. Relawan dan BPBD Kabupaten Garut terus melakukan pengamatan di sekitar lokasi.
 

Petugas BPBD Garut yang berada di lokasi, Imat mengatakan potensi terjangan gelombang pasang sangat berpeluang terjadi. Hal itu dikarenakan faktor alam, antara lain tiupan angin kencang. Untuk itu, sejak kemarin sore pihaknya terus memantau perkembangan.

 

 

Ia mengatakan, berdasarkan info dari BMKG tingginya gelombang yang terjadi sekarang ini diakibatkan oleh fenomena alam. Tidak ada korban jiwa, namun banyak bangunan warung milik warga rusak. Selain itu, sebagian warga pun memilih untuk mengungsi ke daerah yang lebih aman. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,