49 Orang Tewas Akibat Hujan Badai Menerjang Utara India

49 Orang Tewas Akibat Hujan Badai Menerjang Utara India

Hujan badai melanda wilayah Uttar Pradesh utara India. (foto - tribuneindia)

New Delhi - Sedikitnya 49 orang tewas dan sejumlah bangunan ambruk diterjang hujan badai yang melanda negara bagian Uttar Pradesh India Utara. Sejumlah korban tewas akibat tertimpa bangunan yang roboh.
 
Pejabat manajemen bencana mengatakan, sebagian lainnya tewas karena terseret arus banjir,  tersengat listrik dan dalam kecelakaan lalu lintas yang disebabkan oleh hujan deras, sejak Kamis waktu setempat.
 
Puluhan rumah penduduk di Uttar Pradesh rusak akibat hujan badai tersebut. Otoritas setempat pun mengingatkan agar gedung-gedung yang berisiko ambruk segera dikosongkan. Hujan lebat juga melanda New Delhi, ibukota India dan negara bagian Rajasthan India barat, yang populer bagi para turis. 
 
Di New Delhi, level sungai Yamuna telah melebihi batas bahaya, pada Sabtu (28/7/2018) akibat hujan deras tersebut. Otoritas setempat mengeluarkan peringatan waspada banjir. Pemerintah New Delhi mengingatkan, level permukaan air sungai tersebut masih akan terus bertambah.

Sejauh ini, insiden gedung roboh kerap terjadi di India, khususnya selama musim penghujan sejak akhir Juni hingga September mendatang. Kantor Meteorologi India mengingatkan, hujan deras akan terus mengguyur di sebagian besar wilayah India utara hingga lima hari ke depan. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,