4 Wisatawan Asing Tewas di Tajikistan Diduga Diserang ISIS

4 Wisatawan Asing Tewas di Tajikistan Diduga Diserang ISIS

Salah seorang wisatawan terluka akibat serangan bersenjata tajam di Tajikistan. (foto - Rferl)

Dushanbe - Kelompok ISIS mengklaim, serangan bersenjata tajam terhadap para wisatawan yang bersepeda di Tajikistan. Akibat serangan tersebut, sedikitnya empat orang wisatawan tewas.
 
Seperti dilaporkan AFP, Selasa (31/7/2018) para korban terdiri atas dua orang warga negara (WN) Amerika Serikat, seorang WN Swiss dan seorang WN Belanda. Serangan terjadi pada Minggu 29 Juli di rute sepeda populer di Distrik Danghara, sekitar 100 km selatan ibukota Dushanbe.

"Para tersangka memiliki pisau dan senjata api," kata Menteri Dalam Negeri Tajikiskan, Ramazon Hamro Rahimzoda. Dua orang wisatawan WN Swiss dan Belanda lainnya mengalami luka-luka dan tengah dirawat. Sementara seorang wisatawan WN Perancis berhasil kabur dan selamat dari serangan.

Sejauh ini, Rahimzoda belum dapat memastikan serangan itu merupakan tindakan teror. Namun, ia mempertimbangkan segala kemungkinan. "Kami tidak bisa mengatakan apakah itu tindakan teror," katanya.

"Kami mempertimbangkan semua kemungkinan," katanya. Namun, Rahimzoda memastikan, sejumlah lembaga negara mendapat penjagaan ketat, untuk memberikan keamanan bagi warga dan wisatawan.

Lewat situs pemantau intelijen SITE, ISIS mengklaim menyatakan telah melakukan serangan kepada para korban. Polisi menembak mati lima orang terduga pelaku penyerangan tersebut. Selain itu ada empat tersangka lain yang ditahan.

Presiden Tajikistan Emomali Rakhmon mengirim catatan belasungkawa ke AS, Swiss dan Belanda atas peristiwa tersebut. Tajikistan yang merupakan negara pecahan Uni Soviet termiskin, tengah fokus mengembangkan pariwisata. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,