Darwati Gani Bungkam Usai Diperiksa Penyidik KPK 6 Jam

Darwati Gani Bungkam Usai Diperiksa Penyidik KPK 6 Jam

Darwati A Gani, istri Gubernur Aceh nonaktif Irwandi Yusuf seusai diperiksa penyidik KPK. (foto - ist)

Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi  (KPK)  mengklarifikasi  temuan dokumen di  kediaman Gubernur Aceh Irwandi Yusuf terhadap sang istri, Darwati A Gani. Dokumen itu diduga terkait aliran dana menyangkut kasus dugaan suap alokasi Dana Otonomi Khusus (Otsus) Aceh tahun anggaran 2018.
 
"Terhadap saksi Darwati diklarifikasi tentang pengetahuan dia, terkait dokumen yang ditemukan di rumah pribadi IY (Irwandi Yusuf)," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah, Selasa (31/7/2018).
 
Setelah dilakukan pemeriksaan penyidik KPK selama enam jam, Darwati keluar ruangan tanpa memberikan keterangan apa pun, terkait pemeriksaannya. Ia langsung menerobos barisan wartawan yang terus mencecarnya dengan berbagai pertanyaan.
 
Darwati sendiri diperiksa sebagai saksi untuk melengkapi berkas penyidikan orang kepercayaan Irwandi, yakni Teuku Syaiful Bahri. Selain Darwati, penyidik juga memanggil sejumlah saksi lainnya. Antara lain staff Fenny Steffy Burase bernama Apriansyah dan Member Alliaze bernama Ade Kurniawan. Namun, keduanya mangkir dari pemeriksaan penyidik KPK.
 
Dalam kasus tersebut KPK menetapkan empat orang tersangka, yakni Gubernur nonaktif Aceh Irwandi Yusuf dan dua pihak swasta bernama Hendri Yuzal dan Teuku Syaiful Bahri. Ketiganya ditetapkan tersangka sebagai pihak penerima suap dari tersangka Bupati Bener Meriah Ahmadi.
 
Gubernur Irwandi, diduga menerima suap Rp 500 juta dari total fee Rp 1,5 miliar. Uang tersebut diduga akan digunakan untuk membeli medali dan pakaian atlet, dalam ajang Aceh International Marathon 2018.
 
Dugaan itu diperkuat oleh model Fenny Steffy Burase. Steffy yang merupakan tenaga ahli di ajang itu mengatakan, aliran dana suap ada, namun ia mengaku tak tahu asal usul dana tersebut. Steffy juga membenarkan pengeluaran untuk membeli medali senilai Rp 500 juta. (Jr.)**
.

Categories:Nasional,
Tags:,