Evakuasi tuntas Gunung Rinjani Steril Mulai Ditutup Hari Ini

Evakuasi tuntas Gunung Rinjani Steril Mulai Ditutup Hari Ini

Proses evakuasi pendaki selesai, Gunung Rinjani steril dan mulai ditutup. (foto - @Sutopo_PN)

Lombok - Jenazah pendaki Gunung Rinjani asal Malaysia yang meninggal saat gempa Lombok 29 Juli 2018, Siti Nur Ismawida Ismail sudah diterbangkan dari Lombok ke Jakarta, dan akan dilanjutkan ke Malaysia. Jenazah diperkirakan tiba di Bandara Internasional Kuala Lumpur pada pukul 17.00 waktu setempat.
 
"Pemerintah Malaysia menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Indonesia, karena menangani korban dengan baik. Tak hanya korban meninggal, tapi juga korban yang masih berada di rumah sakit," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo di ruang Pusdalops BNPB Jakarta Timur, Selasa (31/7/2018).
 
Menurut Sutopo, tim juga telah berhasil menemukan tujuh pendaki warga negara Indonesia yang berada di Danau Segara Anak Gunung Rinjani. Satu orang di antaranya meninggal, yakni pendaki asal Makassar Sulawesi Selatan. Tim juga berhasil mengevakuasi enam pendaki lainnya. Tiga pendaki dari Jakarta dan bekerja di Pusdiklat LKPP, serta 2 orang porter dan satu guide.
 
"Dengan demikian, hari ini tiga korban (Suharti, Elin dan Bagus Novandi) dievakuasi melalui helikopter, sedangkan tiga orang yakni 2 orang porter dan satu guide ditambah 7 warga lokal yang ditemukan di Gua Susu, dievakuasi melalui jalur darat," katanya.
 
Dengan begitu, proses evakuasi dinyatakan selesai. Tim di lapangan menyampaikan tidak ada warga, pendaki maupun wisatawan domestik dan mancanegara yang berada di Gunung Rinjani. Saat ini Gunung Rinjani steril dan ditutup.
 
"Berdasarkan laporan tim gabungan, sejumlah jalur pendakian kondisinya memang membahayakan, banyak material yang jatuh. Untuk itu, kita belum bisa memastikan kapan Taman Nasional Gunung Rinjani akan dibuka kembali," tegas Sutopo.
 
BNPB dan pihak terkait juga menyediakan pos medis di Sembalun, Rinjani. "Setelah terjadi gempa, banyak jalur pendakian yang kondisinya rusak dan longsor susulan mengancam, sehingga untuk mengevakuasi ada Pokso Terpadu Sembalun dan beberapa pos satu pos dua dan sebagainya," tambahnya.
 
Sutopo juga mengungkapkan, semua aktivitas di kawasan gempa telah kembali normal. Antara lain jaringan listrik, komunikasi, sekolah, Bandara Internasional Lombok dan Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali. Sebanyak 9 bendungan di Pulau Lombok dan Sumbawa juga dinyatakan dalam kondisi baik.
 
"Kementerian PUPR memastikan 9 bendungan eksisting, yakni Bendungan Batu Jai, Pengga, Pandanduri dan Suwangi di Pulau Lombok serta Bendungan Batu Bulan, Mamak, Tiu Kulit, Gapit, Pelaparado dan Sumi di Pulau Sumbawa semuanya dalam kondisi baik," katanya. (Jr.)**

 

.

Categories:Nasional,
Tags:,