85 Bangunan di Pesisir Selatan Sukabumi Diterjang Gelombang

85 Bangunan di Pesisir Selatan Sukabumi Diterjang Gelombang

Puluhan bangunan dan rumah warga di pesisir selatan Sukabumi diterjang gelombang. (foto - ilustrasi)

Sukabumi - Sedikitnya 85 bangunan yang tersebar di sejumlah titik pesisir Pantai Selatan Kabupaten Sukabumi, rusak diterjang gelombang. Puluhan bangunan tersebut berupa kios dan warung, tempat usaha dan rumah warga.
 
"Sebanyak 28 kios atau warung rusak yang berada di pesisir Pantai Karanghawu Kecamatan Cisolok, di Pantai Camp David sebanyak 11 kios dan 30 pintu WC umum rusak, Pantai Cimuara sebanyak 16 kios, dan Palabuhanratu tiga rumah serta dua tempat usaha rusak," kata Kepala Seksi Kedaruratan BPBD kabupaten Sukabumi Eka Wiaman, Selasa (31/7/2018).
 
Selain merusak bangunan warga, gelombang pasang juga merusak dua fasilitas parkir kendaraan wisatawan di Cisolok serta tembok penahan ombak sepanjang 400 meter. Tak tertutup kemungkinan jumlah bangunan yang rusak terus bertambah, karena gelombang tinggi masih terjadi di laut Selatan Kabupaten Sukabumi.
 
"Untuk kerugian masih dalam perhitungan, tetapi ditaksir lebih dari Rp 500 juta. Namun tidak ada korban jiwa pada bencana gelombang pasang ini," katanya. Bantuan untuk korban bencana gelombang pasang tersebut sudah disalurkan.
 
Antara lain makanan instan atau siap saji serta perlengkapan tidur dan mandi. Namun, karena mayoritas bangunan khususnya kios tersebut liar atau bisa dikatakan ilegal, sehingga pemerintah tidak memberikan bantuan untuk perbaikan. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,