Bandung Raya Masih Diterpa Cuaca Dingin, Ini Penyebabnya

Bandung Raya Masih Diterpa Cuaca Dingin, Ini Penyebabnya

Cuaca dingin masih menerpa wilayah Bandung Raya. (foto - ist)

Bandung - Wilayah Bandung  Raya masih  diselimuti cuaca  dingin. Badan  Meteorologi  Klimatologi  dan Geofisika  (BMKG) Kota Bandung menyebutkan, hal itu tidak lepas dari kondisi suhu udara di Australia Barat yang tengah menjajaki musim dingin.
 
"Pola angin dan masa udara yang membawa udara dingin dan kering tersebut relatif kencang, khususnya dari Australia bagian barat," kata Prakirawan BMKG Kota Bandung Muhammad Iid Mujtahidin, Sabtu (4/8/2018).
 
Menurutnya, terkait cuaca di Bandung Raya secara umum kondisinya cerah berawan hingga berawan sepanjang hari. Suhu udaranya berkisar 16,2 - 28,6 derajat Celcius. "Kelembapannya berkisar 40 - 86 persen, dengan kondisi angin relatif dominan dari arah tenggara, dengan kecepatan 5-20 kilometer per jam," katanya.
 
Sementara di wilayah Jawa Barat, kondisinya tidak jauh berbeda dengan Bandung Raya. Secara umum, wilayah Jawa Barat diprediksi cerah berawan hingga berawan. Hanya saja ada potensi hujan ringan di wilayah Tasikmalaya dan Pangandaran pada malam hari.
 
"Untuk wilayah Jawa Barat bagian utara suhu udaranya berkisar antara 22 - 35 derajat Celcius, dengan kelembapan udara 40 - 80 persen. Sedangkan Jawa Barat selatan berkisar 17 - 32 derajat Celcius, dengan kelembapan 50 - 90 persen," tambahnya.
 
Iid mengimbau, terkait kondisi kecepatan angin, baik di wilayah pesisir selatan maupun utara tetap harus diwaspadai, meski kecepatannya belum dikategorikan ekstrem. "Masyarakat yang berada di wilayah pesisir baik utara maupun selatan, harus waspada terhadap potensi pohon tumbang karena kondisi angin yang cukup kencang," tegasnya.
 
Selain itu, kondisi itu juga berpengaruh terhadap ketinggian gelombang laut khususnya di pantai selatan. Untuk itu, kepada para nelayan diimbau untuk tidak melaut terlebih dahulu.
 
"Ketinggian gelombang di wilayah selatan mencapai enam meter, sedangkan untuk wilayah utara relatif aman yang diperkirakan hingga 1,5 meter. Ketinggian gelombang tersebut berlaku hingga empat  hari ke depan," katanya. (Jr.)**
.

Categories:Bandung,
Tags:,