Ikan Lumba-Lumba Terdampar di Pantai Trisik Kulonprogo

Ikan Lumba-Lumba Terdampar di Pantai Trisik Kulonprogo

Ikan Lumba-Lumba Terdampar di Pantai Trisik Kulonprogo. (foto - ist)

Kulonprogo - Seekor ikan lumba-lumba jenis tutup botol terdampar di Pantai Trisik Kulonprogo, Senin (6/8/2018). Diduga, ikan lumba-lumba itu terseret gelombang tinggi dan terbawa arus karena kondisi cuaca yang dingin.

"Ini baru pertamakali ada lumba-lumba yang terdampar," kata Kepala Dukuh Trisik Banaran Galur, Joko Samudro. Kejadian ikan yang terdampar memang bukanlah kejadian pertama di Trisik.

Selama ini yang kerap terdampar adalah ikan hiu atau pun ikan paus. Sedangkan jenis lumba-lumba seperti ini belumk pernah ada.

Meski para nelayan kerap menemukan ikan tersebut di lautan lepas, jaraknya cukup jauh dan jarang yang sampai ke tepian. "Mungkin karena gelombang dan cuaca dingin yang membuat ikan tersebut terdampar," tegasnya.

Dilihat dari kondisi gigi dan bentuk serta ukuran tubuhnya, diperkirakan lumba-lumba itu sudah berusia lebih dari 10 tahun. Panjangnya mencapai 2 meter dengan bobot mencapai 200 kg. "Kita akan kuburkan karena sudah membusuk dan bau," katanya.

Kontan saja, dengan terdamparnya ikan lumba-lumba tersebut menjadi tontonan warga sekitar. Bahkan, warga dari jauh pun sengaja datang ke Pantai Trisik Kulonprogo, sekadar penasaran ingin melihat ikan yang terdampat tersebut. (Jr.)**

 

.

Categories:Daerah,
Tags:,