Peringatan Hari Antariksa Sarana Edukasi bagi Masyarakat

Peringatan Hari Antariksa Sarana Edukasi bagi Masyarakat

Ketertarikan warga melihat planet pakai teleskop di gelaran Peringatan Hari Antariksa Nasional di Gedung Sate Jalan Diponegoro Bandung Senin malam. (foto - ant)

Bandung - Pemerintah Provinsi Jawa Barat bersama Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional  (Lapan)  menggelar kegiatan peneropongan bintang dan benda langit, di Gedung Sate, Senin (6/8/2018).
 
Kegiatan tersebut sekaligus dalam rangka memperingati Hari Antariksa Nasional dengan tema "Malam Langit Gelap". Rangkaian acara peringatan hari antariksa tersebut diawali dengan pemutaran film, tentang antariksa di planetarium mini pada pukul 16.30 - 18.00 WIB.
 
Sedangkan untuk pengamatan bintang dan planet dimulai pada pukul 20.00 - 21.00 WIB. Kabag Pelayanan Media dan Informasi Pemprov Jabar Poppy Purbawati berharap, kegiatan itu bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat untuk mengenal jauh tentang dunia antariksa.
 
"Memang ini sangat baik untuk anak-anak dan masyarakat, khususnya bagi mereka yang tidak tahu pemahaman tentang antariksa. Kita ingin menikmati keindahan langit tanpa cahaya, sehingga masyarakat lebih paham tentang bintang," katanya.
 
Menurut Poppy, rangkaian acara ini sudah memasuki tahun ketiga. Hal yang berbeda dari tahun sebelumnya diakui Poppy, yakni hadirnya planetarium mini yang disediakan oleh panitia sebagai sarana edukasi masyarakat.
 
"Untuk tahun ketiga ini kita melaksanakan hari antariksa nasional. Pada tahun ini ada planetarium supaya masyarakat bisa menjelajah, bahwa di langit itu ada apa saja yang dijelaskan oleh ahlinya," tegasnya.
 
Meski gelaran itu hanya berlangsung hingga pukul 21.00 WIB, menurutnya pihak panitia tak menutup kemungkinan akan memperpanjang waktu acara peneropongan bintang bila animo masyarakat sangat besar. (Jr.)**
.

Categories:Infotech,
Tags:,