Evakuasi Wisatawan dari Gili Trawangan - Pelabuhan Benoa

Evakuasi Wisatawan dari Gili Trawangan - Pelabuhan Benoa

Suasana evakuasi wisatawan asing dan lokal dari Gili Trawangan ke pelabuhan Benoa Bali. (foto - infogianyar_ )

Gianyar - Pasca - gempa  yang   mengguncang  wilayah  Lombok  Nusa  Tenggara  Barat  (NTB),  ratusan  wisatawan  asing maupun lokal dievakuasi dari Gili Trawangan Lombok. Mereka telah tiba di Pelabuhan Benoa Denpasar Selatan Bali, Senin (6/8/2018) malam sekitar pukul 23.30 Wita.
 
Kalangan wisatawan tersebut datang menggunakan kapal KM Binaya milik PT Pelni. Dadang Rukmana selaku Kepala Cabang PT Pelni Bali menyatakan, untuk sementara kapal yang mengevakuasi ratusan wisatawan tersebut ada dua kapal, yakni Kapal KM Binaya dan Kapal Bounty Cruis milik swasta.
 
"Untuk KM Binaya ada 86 orang, terdiri atas wisatawan asing 31 orang dan 55 wisatawan lokal. Sedangkan dari Kapal Bounty informasinya dari KSOP sekitar 200 orang, yang datang sekitar jam 1 malam," katanya di Pelabuhan Benoa Bali.
 
Menurut Dadang, terkait Kapal KM Binaya yang hanya mengangkut 86 orang, karena terkendala kapal untuk bersandar di Gili Trawangan terkait tinggi gelombang dan angin. Sementara hambatan lain dari telepon atau yang tidak bisa dihubungi dari petugas Basarnas karena listrik mati.
 
"Saat ini, kita menunggu instruksi dari Kementerian Perhubungan yang disampaikan ke direksi kami sebagai operator, untuk langkah selanjutnya terkait evakuasi para penumpang," tegasnya.
 
Sementara itu, Kapolresta Denpasar Kombes Pol Hadi Purnomo menjelaskan, ada dua kapal yang sudah siap melakukan evakuasi para wisatawan yang melakukan wisata di wilayah Lombok khususnya dari Gili Trawangan.
 
"Mereka sudah ada travelnya dan sudah ada kerja sama dengan travel. Kemudian yang tidak ada kerja sama dengan travel, nanti yang akan diurus oleh Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI)," katanya.
 
"Kita juga sudah siapkan satu mobil ambulans dan 2 bus dari Polresta Denpasar. Kemudian dari pihak PHRI menyiapkan 6 bus ada juga mobil lainnya dan sudah siap semuanya," kata Hadi. (Jr.)**
.

Categories:Nasional,
Tags:,