Kebakaran Landa Pontren Assa'adah Cipayung Depok

Kebakaran Landa Pontren Assa'adah Cipayung Depok

Kebakaran Pontren Assa'adah Jalan Rawa Indah Cipayung Kota Depok. (foto - ist)

Depok - Pondok Pesantren Assa'adah di Jalan Rawa Indah Nomor 115 B Kelurahan Bojong Pondok Terong Kecamatan Cipayung Kota Depok dilanda kebakaran, Kamis (9/8/2018). Akibatnya, ruang asrama dan komputer milik pesantren itu hangus, ratusan santri pun dievakuasi.
 
Menurut Wakil Kepala Sekolah Kesiswaan Madrasah Tsanawiyah Wahid Hasyim Pesantren Assa'adah, A Hidayat MS kebakaran terjadi sekitar pukul 11.00 WIB. Saat itu, sejumlah siswa berteriak-teriak karena melihat api dan asap dari ruang asrama, yang terletak di lantai dua.
 
Lantai dua merupakan ruang asrama dan laboratorium komputer siswa MTS. Api diperkirakan muncul dari ruang tengah yang merupakan asrama siswa. Asap semakin pekat dan menyulitkan proses pemadaman. ‎"Saya evakuasi anak-anak, suruh keluar. Para siswa langsung digiring keluar gedung pesantren," katanya.
 
Ia memperkirakan, ada 60 unit komputer terbakar dan 209 santri yang mondok di pesantren dievakuasi. Selain nyantri, mereka juga bersekolah di MTs. "Karena sistem boarding school, jadi mondok di sini," ungkap Hidayat.
 
Para santri untuk sementara ditempatkan di gedung madrasah aliyah yang berlokasi di luar asrama santri. Terkait kelanjutan proses belajar mengajar, Hidayat mengaku belum memikirkan. Ia mengaku masih fokus untuk menyelamatkan berkas dan aset penting milik sekolah.
 
Sementara itu, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Depok Gandara Budiana membenarkan, api berasal dari asrama. Aapi cepat merembet karena ruang asrama berisi benda yang mudah terbakar.
 
Damkar Depok menerjunkan 7 unit mobil pemadam dari UPT Cipayung dan Pos Walikota. Api akhirnya bisa dipadamkan dalam waktu 30 menit yang dilanjutkan dengan pendinginan. "Kebakran diduga dari korsleting di ruang asrama," tegas Gandana. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,