43 Tewas, Serangan Koalisi Saudi Hantam Bus Sekolah

43 Tewas, Serangan Koalisi Saudi Hantam Bus Sekolah

Serangan udara Koalisi Saudi hantam bus sekolah di Provinsi Saada Yaman. (foto - Reuters)

Dahyan - Bus sekolah membawa anak-anak yang akan belajar Alquran di Provinsi Saada Yaman, dihantam serangan udara pasukan koalisi Arab Saudi - Uni Emirat Arab. Kepala Departemen Kesehatan di Saada Ghani Nayeb mengatakan, serangan itu menewaskan sedikitnya 43 orang dan lainnya luka.
 
Kepala perwakilan Bulan Sabit Merah Yaman Johannes Bruwer mengatakan, warga sipil harusnya dilindungi dalam konflik. "Banyak korban tewas dan yang luka lebih banyak, rata-rata di bawah usia 10 tahun," katanya dalam cuitan Twitternya.
 
Dilansir laman Aljazeera, Kamis (9/8/2018) menurut berbagai sumber, serangan itu terjadi pagi hari di sebuah pasar di Kota Dahyan, wilayah yang dikuasai kelompok pemberontak Huthi yang berbatasan dengan Saudi.
 
Stasiun televisi milik kelompok Huthi Almasirah menyiarkan tayangan korban tewas, dan anak-anak yang berdarah dibawa ke rumah sakit. Namun tayangan itu belum bisa diverifikasi. Koalisi Saudi mengatakan, serangan itu menargetkan peluncur roket yang pernah menyasar Kota Jizan, selatan Saudi.
 
"Serangan tersebut sesuai dengan hukum internasional," kata pernyataan koalisi Saudi yang dilaporkan kantor berita pemerintah SPA. Pernyataan koalisi Saudi juga menuding kelompok Huthi menggunakan anak-anak sebagai tameng hidup dalam konflik. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,