Robusta Band Punya Konsep Jazz Berbeda

Robusta Band Punya Konsep Jazz Berbeda

Robusta band saat manggung di acara lauching CikalNews. (Foto : Cikalnews/ADE)

Bandung - Maraknya grup band di Bandung kini lebih banyak didominasi band-band jazz alternative, yang menampilkan irama easy listening era tahun 2000-an. Begitu pula dengan Robusta Band, grup yang berpersonelkan Salman (vokal), Egi (biola), Sandika (gitar), Fajar (bas), dan Husen (perkusi).

 

Para personel Robusta yang mulai bergabung Mei 2012 ini mengaku sama-sama menyukai lagu jazz. “Kami suka karena di dunia jazz tidak ada kata perbedaan dan bebas menuangkan ekspresi. Di sini semua sama dan kami juga bebas meneriakkan kebebasan dan suara hati yang kami ekspresikan lewat alunan sebuah lagu,” tutur Eki Purnama, Manajer Robusta Band di Café Eduplex, Jl. Cisangkuy No. 6, Kota Bandung beberapa waktu lalu.

 

Eki menambahkan, dinamai Robusta Band karena Robusta adalah suatu jenis kopi khas Indonesia yang banyak digemari oleh sebagaian besar masyarakat. Kami ingin musik kami bisa diterima dan digemari oleh banyak orang.

 

“Soal konsep bermusik, Robusta band akan berusaha muncul tanpa mengekor grup band jazz yang sudah tenar. Karena kami punya gaya dan cara tersendiri dalam bermusik," tambah Eki seraya berharap, aliran jazz yang ditekuni Robusta akan menjadi komunitas yang tidak akan pernah mati.

 

Ke depannya Robusta sendiri, ingin segera membuat album atau mini album dengan lagu berbahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

 

"Kami berharap bisa cepat bikin album, saat ini kami baru punya dua buah lagu sendiri berjudul Dunia Maya dan Island of Stone" tutur Eki.

 

Di Robusta, jazz menjadi lebih bervariasi dengan petikan gitar yang energik dibarengi suara vokalis yang khas. Diakui, meski musik jazz belum sepenuhnya langsung di terima anak muda sekarang, hal itu tidak mematahkan semangat mereka. Sebab, bagi mereka jazz akan tetap hidup dan terus berkembang meski dalam komunitas tertentu saja.

 

"Kami akan tetap mengusung jazz meski prospek pasar tidak memungkinkan. Kami akan ada untuk jazz," imbuh vokalis Robusta, Salman yang alumnus Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati, Bandung. (Jr.)**

.

Categories:Hiburan,
Tags:musik,