Gempa Berskala 7,0 SR Kembali Goyang Lombok Timur NTB

Gempa Berskala 7,0 SR Kembali Goyang Lombok Timur NTB

Warga dan para penghuni hotel di Mataram dievakuasi keluar gedung. (foto - ist)

Jakarta - Wilayah Lombok  Nusa  Tenggara  Barat  (NTB)  kembali  diguncang  gempa berskala  7,0 pada skala Richter  (SR), Minggu (19/7/2018) malam sekitar pukul 21.56 WIB.
 
Berdasarkan keterangan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan, lokasi gempa berada pada koordinat 8.28 Lintang Selatan (LS) dan 116.71 Bujur Timur (BT), atau 30 kilometer timurlaut Lombok Timur. Sejauh ini, belum diketahui adanya korban maupun kerusakan yang ditimbulkan dampak dari gempa yang terjadi pada kedalaman 10 kilometer tersebut.
 
Data yang tertera di situs resmi BMKG menyebutkan, terjadi enam kali gempa susulan setelah gempa pertama. Gempa susulan pertama dengan kekuatan 5,6 SR terjadi pada pukul 22:16 Wita. Gempa susulan kedua berkekuatan 5,8 SR terjadi pukul 22:28 Wita.
 
Selanjutnya gempa susulan ketiga dengan kekuatan 5,0 SR terjadi pukul 22.45 Wita dan gempa susulan keempat 5,1 SR terjadi pukul 23.21 Wita. Sedangkan gempa kelima 5,5 SR terjadi pada 23.37 Wita.
 
Sementara gempa susulan keenam berkekuatan 5,2 SR terjadi, Senin 20 Agustus pukul 01.23 Wita. Seluruh pusat gempa tercatat di Lombok Timur. "Gempa masih akan terjadi. Oleh karena itu, tetap waspada tapi tidak panik," kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati.
 
Menurut Dwikorita, gempa yang terjadi Minggu malam berbeda dengan yang terjadi dua pekan lalu.  "Memperhatikan lokasi episenter gempa M=6,9 di ujung timur Lombok dan diikuti sebaran episenter gempa yang membentuk kluster episenter dengan sebaran ke arah timur hingga di utara Sumbawa Barat. Maka dapat disimpulkan, gempa yang terjadi merupakan aktivitas gempa baru yang berbeda dari gempa M=7,0 pada 5 Agustus 2018," katanya.
 
Sementara itu, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) merilis, getaran gempa 7,0 SR yang mengguncang Lombok tersebut, terasa hingga ke Jawa Timur. Namun guncangan gempa di Jawa Timur masuk kategori gempa ringan.
 
"Gempa juga dirasakan ringan di Jawa Timur bagian timur dan Makassar," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho. Diketahui, pusat gempa berada di wilayah Lombok Timur, namun kabupaten dan kota di sekitarnya turut merasakan guncangan keras.
 
"Guncangan gempa dirasakan keras Lombok Timur, Lombok Utara, Sumbawa Barat, Sumbawa Besar, Lombok Barat dan Kota Mataram selama 5-10 detik," tegas Sutopo. Gempa juga dirasakan di Jembrana, Kota Denpasar, Karangasem, Badung, Gianyar, Bangli, Kulungkung dan Buleleng selama 5-10 detik. "Gempa berkekuatan sedang," katanya. (Jr.)**
.

Categories:Nasional,
Tags:,