RSHS jadi Rumah Sakit Rujukan bagi para atlet Asian Games

RSHS jadi Rumah Sakit Rujukan bagi para atlet Asian Games

RSHS Bandung jadi rumah sakit rujukan bagi para atlet Asian Games 2018. (foto - ist)

Bandung - Rumah Sakit Umum Pusat  (RSUP)  dr. Hasan Sakidin  (RSHS) Bandung menjadi rumah sakit rujukan, untuk para atlet yang sakit atau cedera selama mengikuti perhelatan Asian Games 2018. RSHS telah menyiapkan Instalasi Gawat Darurat (IGD) khusus, sejak 8 - 25 Agustus 2018.
 
Kepala IGD RSHS Bandung Dodi Tavianto menjelaskan, teknisnya nanti rumah sakit rujukan akan menerima limpahan pasien yang dikirim oleh medical center, yang berada di venue Asian Games 2018. Setelah seluruh data pasien diterima, tim dokter bersama perawat khusus akan segera disiagakan.
 
"Hingga sekarang ini kita sudah menangani sebanyak sepuluh atlet sepakbola yang cedera pada saat latihan dan bertanding," kata Dodi Tavianto di Bandung, Senin (20/8/2018).
 
Para atlet yang sepakbola Asian Games yang cedera tersebut berasal dari Syria, Arab, Malaysia dan Timor Leste dengan kategori ringan. "Jadi kategorinya cedera ringan. Ada yang di bagian otot paha, sendi bahu dan punggung," katanya.
 

Menurut Dodi, sebanyak 25 tenaga dokter calon ahli spesialis bedah ortopedi, bedah umum, anestesi, jantung dan bedah saraf dikerahkan untuk siaga. Dipilihnya dokter dari lima spesialis itu karena dianggap paling mendekati juga berhubungan dengan tindakan kegawatdaruratan.

 

 

Selain dokter spesialis, terdapat juga dokter konsultan yang bertugas. Tujuan dikerahkannya dokter konsultan agar pelayanan terhadap atlet dapat dilakukan dengan cepat. "Seluruh tenaga medis bertugas selama 24 jam, yang dibagi menjadi tiga shift," tegas Dodi.
 

Secara operasional IGD khusus Asian Games tidak berbeda jauh dengan IGD dalam waktu normal. Bedanya hanya pada jalur cepat (fast track) di IGD, untuk atlet atau official team Asian Games 2018 yang masuk ke RSHS. Jadi ketika mereka masuk ke IGD RSHS, pelayanan bisa lebih cepat dilakukan. (Jr.)**

 

 

.

Categories:Bandung,
Tags:,