Pangandaran & Sukabumi Jadi Kawasan Pariwisata Khusus

Pangandaran & Sukabumi Jadi Kawasan Pariwisata Khusus

Sunset di Pantai Barat Pananjung Kabupaten Pangandaran. (foto - ist)

Jakarta - Dua  destinasi  wisata di  Jawa Barat  bagian selatan  bakal  dijadikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata. Dua daerah tersebut, yakni Cikidang di Sukabumi dan Pangandaran.
 
Menteri Pariwisata Arief Yahya menyatakan, untuk membangun kawasan pariwisata tersebut akan digelontorkan dana sebesar Rp 8 triliun. Rinciannya Rp 3 triliun untuk pembangunan di Sukabumi, dan sisanya sebesar Rp 5 triliun di Pangandaran.
 
"Kami mengusulkan dua kawasan ekonomi khusus pariwisata. Satu di Sukabumi (Cikidang), satu di Pangandaran. Kalau untuk yang Cikidang sekitar Rp 3 triliun. Sedangkan Pangandaran lebih besar capai Rp 5 triliun, jadi Rp 8 triliun." kata Menpar di Jakarta, Selasa (21/8/2018).
 
Menurutnya, rencana pembangunan KEK pariwisata itu nantinya harus terlebih dahulu diajukan kepada Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution. Jika semuanya berjalan mulus, pembangunan kawasan wisata tersebut akan dimulai awal 2019.
 
"pada tahun ini kami harapkan kedua KEK tersebut sudah disetujui oleh Kemenko Perekonomian. Begitu disetujui, tahun 2019 kami bisa memulai untuk pengembangan di KEK," tegasnya.
 
Mengenai infrastruktur penunjang, pihaknya telah berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Khususnya untuk infrastruktur penunjang, seperti jalan tol, bandara, pelabuhan hingga jalur kereta api.
 
"Sudah dibahas dengan PUPR dan Kemenhub termasuk kemungkinan pengembangan bandara di Sukabumi. Jangan khawatir, kalau aksesnya tidak ada pasti Kemenpar tidak akan mengusulkan untuk dibangun KEK di sana," katanya
 
Arief berharap, dengan adanya dua KEK pariwisata tersebut, akan bisa menggerakkan perekonomian di wilayah Jawa Barat bagian selatan. Apalagi kedua daerah itu memiliki potensi pantai yang sangat luar biasa besar. "Kalau untuk Pangandaran pastinya untuk kawasan wisata bahari. Kalau untuk yang Sukabumi itu adalah agrowisata," tambahnya. (Jr.)**
.

Categories:Wisata,
Tags:,