Kabut Asap, Ratusan Warga di Kuburaya Terjangkit ISPA

Kabut Asap, Ratusan Warga di Kuburaya Terjangkit ISPA

Kabut asap menutupi wilayah sekitar Bandara Supadio Kubu Raya. (foto - ist)

Kuburaya - Akibat kabut asap pekat yang terjadi sepekan terakhir dengan tingkat cuaca yang berbahaya, kasus infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) di Kabupaten Kuburaya cukup tinggi.
 
Dinas Kesehatan setempat mencatat, dari awal Agustus hingga pertengahan bulan Agustus terhimpun ada 987 kasus. "Terbanyak di daerah Kecamatan Sungai Raya dan rata-rata menyerang anak-anak hingga warga usia dewasa," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kuburaya, Berli Hamdani, Rabu (22/8/2018).
 
Kasus itu cukup memprihatinkan karena kualitas udara menyebabkan tingginya kasus ISPA di Kabupaten Kuburaya yang terus meningkat. "Kecamatan Sungai Raya menjadi kawasan dengan penderita ISPA tertinggi, yaitu 400 kasus lebih kasus," katanya.
 
Ia menyatakan, ISPA sendiri lebih banyak menyerang anak-anak usia sekolah dan pekerja umum yang banyak menghabiskan waktu di luar ruangan. "Guna menekan kasus itu, Dinas Kesehatan Kuburaya membagikan masker di sejumlah titik menggandeng beberapa komunitas," katanya.
 
Satu di antaranya Sahabat Alam Communiti, Sujiwo mengharapkan dengan adanya pembagian masker seperti yang dilakukan Dinkes dan beberapa komunitas. Masyarakat dapat lebih peduli dengan kesehatan dan mengatur pola hidup agar tidak mudah terserang ISPA terlebih di cuaca.
 
"Dinkes juga berpesan kepada masyarakat yang membutuhkan masker untuk mendatangi ke Puskesmas terdekat, dan jika ingin membagikan masker dapat mendatangi Dinas Kesehatan Kuburaya," tambahnya. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,