Persib Ambil Alih Pengelolaan Stadion GBLA dari Pemkot

Persib Ambil Alih Pengelolaan Stadion GBLA dari Pemkot

Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Gedabage. (foto - ist)

Bandung - Stadion  Gelora Bandung  Lautan  Api  (GBLA)  Gedabage berpeluang diambil-alih oleh PT Persib Bandung Bermartabat dari Pemerintah Kota Bandung. Selain mengurangi beban APBD, Pemkot bisa mendapat bagi hasil, dari keuntungan yang diperoleh.
 
"PT PBB memang telah lama meminta agar bisa mengelola GBLA. Namun saya minta dulu konsepnya. Pihak Persib baru memberikannya beberapa waktu lalu,” kata Walikota Bandung Ridwan Kamil di Bandung, Rabu (22/8/2018).
 
Menurut Emil, apabila memungkinkan, dalam waktu dekat Pemkot Bandung dan PT PBB akan menandatangani perjanjian. Berdasarkan Permendagri Nomor 19 tahun 2016 tentang Pedoman Pengelolaan Barang Milik Daerah, pihak ketiga dimungkinkan untuk mengelola fasilitas milik Pemkot.
 
Dengan demikian, pengelolaan Stadion GBLA oleh PT PBB telah sesuai dengan ketentuan formal yang berlaku. Jika dikelola pihak ketiga, Pemkot Bandung akan mendapat banyak raihan pajak, termasuk dari reklame dan media luar ruang di lingkungan stadion.
 
Bagi pemkot, alokasi dana yang selama ini digelontorkan untuk stadion bisa dialihkan kepada kebutuhan lainnya. "Jika dikelola Persib, paling tidak beban operasional beralih. Pemkot Bandung tidak terbebani untuk membayar listrik Rp 1,2 miliar per bulan," tegas Emil.
 
Ia mengatakan, keuntungan lain yang diterima Pemkot, yakni kerja sama yang dilakukan pengelola dengan sponsorship membuka keran pendapatan bagi Pemkot. Sistem bagi hasil yang akan disepakati akan dibahas dalam penandatanganan perjanjian antara Pemkot Bandung dengan PT PBB. (Jr.)**
.

Categories:Persib,
Tags:,