3 Mucikari Prostitusi di Margonda Residence Jadi Tersangka

3 Mucikari Prostitusi di Margonda Residence Jadi Tersangka

Tiga mucikari prostitusi online ditetapkan tersangka ditahan di Mapolsekta Beji Depok. (foto - ist)

Depok - Empat  orang pria  yang diduga  menjadi mucikari prostitusi  online, yakni TM (18), RA (18), IS (18) dan MR (18) dan seorang perempuan NZ (17) diamankan aparat Polresta Depok di Apartemen Margonda Residence III lantai 19 Kemiri Muka, ada Selasa 21 Agustus 2018 sekitar pukul 02.30 WIB.
 
Namun dari keempat orang pria itu, polisi hanya menetapkan tiga orang tersangka. Ketiganya merupakan warga Kecamatan Limo dan Cinere, yakni TM (18), RA (18) dan IS (18). Sedangkan satu orang berinisial NZ (17) hanya dijadikan saksi dengan alasan sebagai korban.
 
Penangkapan itu merupakan rangkaian dari 4 orang pekerja seks komersial (PSK), yang satu pekan lalu terlebih dahulu diamankan. "Lima diamankan tapi yang ditetapkan tersangka dan ditahan ada tiga orang. Korbannya NZ masih berusia 17 tahun," kata Kasat Reskrim Polresta Depok Kompol Bintoro di Mapolresta Depok, Kamis (23/8/2018).
 
Menurutnya, dari penyidikan sementara TM berperan sebagai penjual dan RA berperan sebagai perekrut, sedangkan IS berperan sebagai penyedia kamar di Apartemen Margonda Residence. Para tersangka membagi tugas dalam modus operandinya, berperan transaksi dengan konsumen, dan lainnya mempersiapkan tempat di apartemen.
 
"Di sini ada yang berperan sebagai pembuat akun dan menawarkan (perekrut PSK) secara online, lalu bertugas bertransaksi dengan konsumen dan menyediakan kamar, selain itu ada yang menjadi joki (yang mengantar) PSK sampai ke apartemen," tegasnya.
 
Sejauh ini, ketiga tersangka telah mendekam di balik jeruji besi Mapolsekta Beji. Mereka diganjar Pasal 296 juncto Pasal 506 dengan tuduhan melakukan praktek prostitusi dengan peran sebagai mucikari.
 
"Untuk pasal mucikari, ancamannya satu tahun empat bulan penjara. Namun kalau ditambah lagi dengan pasal perdagangan anak di bawah umur hukumannya tentu bertambah," katanya.
 
Sebelumnya, Polresta Depok menangkap PSK dan 2 orang pria diduga sebagai mucikari dari Apartemen Margonda Residence 2 Kota Depok, Selasa 18 Agustus 2018 sekitar pukul 18.00 WIB.
 
Tiga dari 4 PSK itu ditangkap di dalam kamar saat bercumbu dengan tamu, sedangkan 1 orang wanita lagi ditangkap di dalam kamarnya saat menunggu seorang pelanggan. Sementara 2 orang pria diduga mucikari tempat pun turut diamankan dari lokasi itu, karena sedang menunggu tamu PSK dan sebagai pemegang kunci kamar.
 
"Mereka berinisial SG (20), AD (19), FO (19), DP (22) mereka ini sebagai PSK, sedangkan MF (20) dan MR (18) sebagai pemilik handphone yang digunakan untuk transaksi dengan konsumen mereka," kata Kasatreskrim Polresta Depok Kompol Bintoro.
 
Menurut Bintoro, kasus tersebut terbongkar ketika memperoleh informasi masyarakat yang cukup resah dengan adanya praktik prostitusi, yang berlangsung  di sebuah apartemen yang cukup terkenal di Kota Depok.
 
"Kami mendapat informasi dari masyarakat dan kemudian melakukan penggerebekan ke tempat tersebut. dan ternyata benar ada 4 orang PSK yang diamankan," tambahnya. (Jr.)**
.

Categories:Gaya hidup,
Tags:,