'Wonderful Indonesia' Sasar Thailand melalui 'Sales Mission'

'Wonderful Indonesia' Sasar Thailand melalui 'Sales Mission'

Pameran Wonderful Indonesia di Bangkok Thailand. (foto - kemenpar_ri)

Jakarta - Dalam  rangka  meningkatkan  kunjungan  wisatawan ke  Indonesia,  Kementerian Pariwisata gencar menyiapkan berbagai strategi. Untuk menyasar wisatawan Thailand, Kemenpar menyiapkan "sales mission" yang akan digelar di 3 kota pada 27 - 30 Agustus.
 
Tiga kota di Thailand yang menjadi target Kemenpar yakni Chiang Mai, Phuket dan Bangkok. Thailand dipilih karena menjadi salah satu prioritas Indonesia di wilayah Asia Tenggara. Selain itu, pariwisata Thailand selalu tumbuh positif setiap tahunnya.
 
Oleh karena itu, dalam sales mission Kemenpar memfasilitasi pertemuan langsung antara biro perjalanan Indonesia selaku seller, dengan biro perjalanan asing di tiga kota itu selaku buyer. "Faktanya, pasar wisata Thailand memang terlihat seksi. Selain membidik warga Thailand, ada juga peluang menggaet orang asing yang berwisata ke sana," kata Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Menpar yakin, jarak antara Thailand dan Indonesia sangat dekat, bisa ditempuh dalam waktu singkat. Tidak sampai lima jam, traveller sudah bisa mendarat di Jakarta, Bali atau lainnya. Budayanya pun tak jauh berbeda dengan Indonesia. Pakaian adat Sumatera Selatan sama dengan Thailand.

"Bahkan, spiritualnya pun sama, sulit dipisahkan dengan Indonesia. Namun Indonesia ada keunggulan. Yakni memiliki Candi Borobudur yang notabene merupakan candi Budha terbesar di dunia," tegas Menpar Arief Yahya.

Ia semakin optimis, wisatawan Thailand akan ramai. Terlebih dengan maskapai low cost carrier dari Bangkok ke sejumlah kota destinasi wisata di Indonesia. Menurutnya, makin banyak maskapai yang masuk, makin bagus buat pengembangan industri pariwisata Indonesia.

"Kami harapkan setelah kegiatan ini, lebih banyak masyarakat Thailand yang berkunjung ke Indonesia, dan Thailand akan menjadi pasar utama kami untuk pelancong internasional," kata Menpar Arief Yahya.

Berdasarkan jadwal, pada 27 Agustus nanti sales mission akan digelar di Furama Chiang Mai. Di sini akan ada 11 seller dari Indonesia dan 19 buyers dari Thailand. MC yang dibawa juga sangat berkelas, yakni artis Anjasmara.

Sales mission dilanjutkan di Phuket pada 29 Agustus 2018. Lokasinya di Millennium Resort Patong. Yang diboyong sebanyak 16 sellers dari TA/TO Indonesia. Sementara di Bangkok, sales mission diadakan di Lotus Sukhomvit pada 30 Agustus 2018. Di sini akan ada 16 sellers yang akan menawarkan paket wisata ke 52 buyers yang hadir.

Sementara Plt Deputi Bidang Pemasaran I Kementerian Pariwisata Giri Adyani, Kemenpar nantinya tidak sekadar menjual Bali sebagai destinasi unggulan. Namun juga destinasi prioritas yang ada di Jakarta, Riau, Yogyakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Aceh dan Sumatera Barat.

"Kami mengajak operator perjalanan wisata internasional untuk memasukkan kunjungan ke Indonesia. Diharapkan, mereka memasukkan paket wisata yang ditawarkan kepada konsumen mereka wisata Indonesia yang unik dan mempesona," katanya. (Jr.)**
.

Categories:Wisata,
Tags:,