Wisatawan Thailand Kepincut Bandung, Jakarta dan Malang

Wisatawan Thailand Kepincut Bandung, Jakarta dan Malang

Sales Mission Wonderful Indonesia coba jaring wisatawan Thailand. (foto - Twitter)

Chiang Mai - Kalangan  wisatawan  dari  Chiang Mai  terpikat dengan  keindahan tiga destinasi wisata Indonesia mencakup Jakarta, Bandung dan Malang. Hal itu terungkap lewat Sales Mission Wonderful Indonesia yang dilangsungkan di Thailand.
 
Wakil Ketua Tim Percepatan Sejarah, Religi, Tradisi dan Budaya Kementerian Pariwisata, Tendi Nuralam tampaknya piawai untuk menggoda 19 buyers Thailand yang hadir di Ballroom Furama Hotel Ching Mai. Semua keingintahuan para buyers Chiang Mai dapat terpuaskan dengan suguhan video pendek yang mudah dicerna, termuask suguhan  itinerary yang detail.
 
Mulai dari mal, gedung pencakar langit hingga pilihan kuliner yang beragam. Semua makanan tradisional khas Indonesia pun ada di sana. "Sisi lainnya banyak. Ini yang coba kita sentuh di Chiang Mai," katanya.
 
Kota Bandung dinilai unggul dengan amenitas dan gedung bersejarah. Begitu juga dengan keindahan alamnya. Ada satu sudut danau dan gunung yang membuat para buyers Chiang Mai terpana. Sementara sejumlah kota lainnya di Jabar juga ikut mengundang perhatian.
 
Sebut saja, Cirebon dengan pesona tiga keratonnya yakni Kasepuhan, Kanoman dan Kacirebonan serta batik. Taman Safari di Puncak - Bogor juga diminati. "Itulah Jawa Barat. Banyak experience baru yang bisa dinikmati selain  shopping dan cullinary di Bandung," tegas Tendi.
 
Sementara untuk Jawa Timur, ada Jatim Park dan Museum Angkut di Malang. Nuansa kendaraan tradisional Indonesia, Eropa sampai Amerika ada semua di Malang. Dipromosikan pula kemudahan akses untuk menjangkau tempat wisata.
 
Banyak pilihan transportasi dari Jakarta menuju Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surabaya dan Malang. "Pilihannya banyak, nyaman dan harganya pun terjangkau. Dengan kereta api sekalipun Thai people bisa dapat liburan ke Bandung, Yogyakarta, Semarang hingga Malang dengan ongkos transportasi di bawah Rp 1 juta," katanya.
 
Menteri Pariwisata, Arief Yahya yang didampingi Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran I Regional I, Masruroh juga memiliki pendapat serupa. Baginya, pariwisata itu adalah kedekatan jarak, kedekatan emosional, kedekatan budaya dan tradisi, kedekatan ideologi serta kedekatan spiritual.

Jarak dari Thailand ke Indonesia tidak terlalu jauh. Durasi terbang dari Bangkok ke Jakarta hanya sekitar 3 jam 5 menit. Budaya Thailand pun memiliki banyak kesamaan dengan Indonesia. 

"Itu semua pasar yang bisa digarap dan menghasilkan wisman. Kita juga punya Borobudur, candi terbesar dan tertua yang bisa menjadi daya tarik buat mereka. Wisatawan yang senang bahari kita punya pantai yang eksotik. 
 
Belanja dan heritage-nya juga keren. Silakan ke Indonesia. Kita punya Jakarta, Jawa Barat, Yogyakarta, Jawa Tengah dan Jawa Timur yang pas dengan selera pasar Thailand,” katanya. (Jr.)**
.

Categories:Wisata,
Tags:,