MEA Peluang Bagi Produk Lokal

MEA Peluang Bagi Produk Lokal

ilustrasi

akarta - Pemberlakuan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015 justru memberikan peluang lebih besar bagi produk lokal dan jasa Tanah Air, sepanjang mampu bersaing dengan produk asing, kata Presiden Direktur PT Surveyor Indonesia (Persero) M. Arif Zainuddin.
 
Menurut dia, MEA harus dihadapi dengan optimistis dan yakin produk lokal bersaing dengan negara-negara Asia Tenggara sebagai upaya mendorong perusahaan berkompetisi di tingkat global.
 
"Menghadapi MEA 2015, Surveyor Indonesia telah melakukan pemetaan potensi pasar bisnis dalam negeri agar bisa lebih kompetitif," ujarnya dalam siaran pers yang diterima Antara di Jakarta, Selasa (25/11/2014).
 
Ia mengatakan, strategi yang dikembangkan oleh Surveyor Indonesia juga sejalan dengan penguatan dan peningkatan kompetensi perusahaan melalui transformasi usaha, penguatan sumber daya manusia, pengembangan usaha, serta peningkatan kinerja.
 
Peningkatan kinerja Surveyor Indonesia, lanjut dia, dilakukan melalui pelatihan secara berkala bagi SDM, peningkatan teknologi peralatan, pembentukan bisnis proses yang lebih sederhana dan terukur, serta membangun aliansi strategis dengan berbagai perusahaan sejenis baik di dalam maupun luar negeri.
 
"Untuk jasa verifikasi sendiri, Surveyor Indonesia optimistis dalam menyongsong pemberlakuan MEA 2015 karena melihat terus tumbuhnya produk agro dan non agro di tanah air," katanya.
 
Pihaknya yakin tidak akan menyia-nyiakan peluang dari pemberlakuan MEA 2015 karena sebagai salah satu lembaga surveyor yang sudah dikenal dan teruji.
 
Kendati demikian, kata dia, meningkatkan "perfomance" perusahaan, Surveyor Indonesia tidak hanya berkonsentrasi pada pasar ASEAN semata, tapi telah masuk dalam pasar global. (AY)
.

Categories:Ekonomi,