Cina Diterjang Badai, 2 Tewas dan 127.000 Orang Dievakuasi

Cina Diterjang Badai, 2 Tewas dan 127.000 Orang Dievakuasi

Evakuasi warga Cina setelah diterjang badai. (foto - presstv)

Shanghai - Sedikitnya dua dilaporkan orang dan memaksa lebih dari 127.000 warga dievakuasi, menyusul hujan deras yang mengguyur bagian selatan Cina. 
Dilansir Xinhua, Sabtu (1/9/2018) sementara dua orang lainnya di Provinsi Guandong yang berbatasan dengan Hong Kong dinyatakan hilang.
 
Disebutkan, kerugian material diperkirakan mencapai lebih dari satu miliar yuan, atau sekitar 150 juta dolar. Empat puluh tiga rumah juga roboh dihantam badai. Otorita berwenang telah membuka lebih dari 1.800 tempat penampungan darurat.
 
Sebelumnya, Cina mencatat rekor temperatur rata-rata tertinggi sejak 1961 saat rataan suhu udara di Negeri Tirai Bambu mencapai 22 derajat Celcius.
 
Direktur Departemen Penanganan Bencana dan Layanan Publik Dinas Meteorologi Cina, Zhang Zuqiang melaporkan, pada Selasa 28 Agustus 2018) total 55 stasiun cuaca telah mengumumkan rekor suhu harian tertinggi.
 
Sebanyak 93 stasiun cuaca juga melaporkan suhu tinggi yang ekstrem terutama di Provinsi Jilin, Liaoning, Mongolia Dalam, Sichuan, Hubei dan Shandong.
 
Suhu tinggi di bagian tengah dan bawah Sungai Yangtze merusak panen penduduk. Daerah yang lebih rendah di sekitar Sungai Yangtze, salah satu wilayah utama produsen beras yang merupakan bahan makanan paling penting untuk Cina. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,