65 Hektar Padang Savana & Bukit Teletubbies Bromo Terbakar

65 Hektar Padang Savana & Bukit Teletubbies Bromo Terbakar

Kebakran 65 ha Padang Savana dan Bukit Teletubbies Bromo. (foto - TNBTS)

Malang - Sedikitnya seluas 65 hektar area di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) terbakar,  sejak Sabtu 1 September 2018 pagi sekitar pukul 09.45 WIB hingga Minggu (2/9/2018) malam.
 
Menurut Kepala Balai Besar TNBTS John Kenedie, ada beberapa lokasi yang terbakar. Antara lain mulai dari Blok Plentongan yang berada di sekitar Coban Trisula, Blok Jemplang hingga Bukit Teletubbies.
 
"Area yang terbakar berada di lereng curam bukit dengan kemiringan 45-60 derajat. Di mana 85 persen merupakan savana dengan ketebalan 85-150 cm," kata John Kenedie.
 
John menjelaskan, hingga Minggu malam masih ada dua titik api yang menyala dan belum berhasil dipadamkan. Dua titik api itu berada di lereng dan puncak bukit yang sulit dijangkau karena kemiringan yang mencapai 45-60 derajat.
 
"Medannya sangat sulit dijangkau, angin di sekitar lokasi pun bertiup kencang. Mudah-mudahan besok kita bisa padamkan secara keseluruhan," tegasnya.
 
Untuk memadamkan api, setidaknya 320 personel gabungan kepolisian, TNI, SAR, BPBD, petugas TNBTS, Perhutani hingga para relawan bahu membahu. "Besok kita akan lanjutkan lagi pemadamannya," katanya.
 
Sebelumnya, api membakar kawasan sekitar TNBTS mulai Desa Ngadas Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang hingga area savana sekitar Bukit Teletubbies, di wilayah Kabupaten Probolinggo. Api terlihat membakar sejak Sabtu 1 September 2018 sekitar pukul 09.45 WIB. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,