Helikopter Bawa Amunisi Jatuh di Afghanistan, 12 Orang Tewas

Helikopter Bawa Amunisi Jatuh di Afghanistan, 12 Orang Tewas

Helikopter bawa amunisi jatuh di utara Afghanistan. (foto - AFP)

Kabul - Sedikitnya 12 orang tewas setelah helikopter jatuh di utara Afghanistan. Helikopter tersebut membawa amunisi dan langsung meledak saat kecelakaan terjadi.
 
Dilaporkan AFP, Senin (3/9/2018) helikopter itu jatuh di wilayah Provinsi Balkh, pada Minggu 2 September waktu setempat. Helikopter yang jatuh membawa 14 orang, termasuk 11 personel militer Afghanistan.
 
Otoritas penerbangan Moldova menyebutkan, dua warga Ukraina yang berada di dalam helikopter itu tewas. Sedangkan seorang warga Ukraina lainnya yang merupakan awak helikopter tersebut berhasil selamat.

Sementara sumber keamanan Afghanistan mengonfirmasi, sekitar 10 korban tewas lainnya merupakan personel militer Afghanistan. Namun sumber keamanan lainnya menyebut, korban tewas mencapai 13 orang, hanya pilot helikopter warga negara asing yang berhasil selamat. 

Disebutkan, helikopter itu sedang membawa amunisi saat insiden terjadi. Amunisi tersebut memicu ledakan saat helikopter jatuh. Akibat ledakan itu, jasad para korban hangus terbakar hingga 'tidak bisa dikenali'.

Penyebab jatuhnya helikopter masih diselidiki. Namun Wakil Komandan Pasukan Afghanistan di wilayah utara, Nazer Khuda Pamiri menyatakan, helikopter itu jatuh karena 'masalah teknis' sesaat usai lepas landas di distrik Dehdadi.

Pamiri menjelaskan, helikopter itu meledak dan terbakar setelah menghantam daratan. Helikopter itu membawa personel militer Afghanistan dari sebuah pangkalan militer, ke Provinsi Faryab Afghanistan bagian utara. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,