Topan Jebi 216 Km per Jam Hantam Jepang 9 Orang Tewas

Topan Jebi 216 Km per Jam Hantam Jepang 9 Orang Tewas

Bandara Kansai di Osaka Jepang lumpuh akibat hantaman Topan Jebi. (foto - AFP)

Osaka - Topan Jebi dengan kecepatan angin berkisar 45 - 216 km per jam menerjang sejumlah wilayah di Jepang. pada Selasa (4/9/2018). Terjangan topan tersebut tercatat sebagai badai terkuat yang melanda Jepang dalam kurun waktu 25 tahun terakhir.
 
Badai itu menyebabkan atap sejumlah bangunan terbang, bahkan ada yang mengenai tiang listrik dan mengakibatkan munculnya percikan api.Tak hanya itu, badai memporak-porandakan salah satu sudut kota di Jepang.
 
 
Sebelumnya, kapal berbobot 2.591 ton Houn Maru di mana awalnya tengah berlabuh di Osaka Bay turut tersapu ke jembatan akibat topan itu. Bahkan, bianglala setinggi 100 meter di Osaka berputar sangat kencang meski waktu itu kondisinya mati.
 

Seperti dilansir The Mainichi, jumlah korban terjangan topan terkuat dalam 25 tahun di Jepang telah merenggut 9 korban jiwa. Sementara ribuan orang telantar di bandara karena badai yang merusak telah mengganggu jadwal penerbangan.

 

 

Kerusakan jembatan membuat bandara yang berada di sebuah pulau buatan, terputus dari daratan. 
Sekitar 3.000 orang berada di bandara semalam. Bagian dari landasan pacu bandara dan ruang bawah tanah teredam banjir, setelah gelombang tinggi dan badai mencapai fasilitas bandara.
 
 
Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mendesak masyarakat segera dievakuasi lebih awal. "Saya mendesak masyarakat Jepang untuk mengambil tindakan untuk melindungi nyawa kalian, termasuk dievakuasi segera," katanya. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,