Gempa Berkekuatan 3,1 SR Goyang Kabupaten Bandung

Gempa Berkekuatan 3,1 SR Goyang Kabupaten Bandung

Gempa berkekuatan 3,1 SR mengguncang wilayah Kabupaten Bandung. (BMKG)

Bandung  - Gempa bumi berkekuatan 3,1 pada skala Richter (SR) mengguncang wilayah Kabupaten Bandung, Jumat (7/9/2018) sekitar pukul 07.52 WIB.
 
Berdasarkan keterangan Kepala Stasiun Geofisika Bandung BMKG Tony Agus Wijaya mengatakan, pusat gempa berada pada koordinat 7.19 lintang selatan (LS) dan 107.79 bujur timur (BT).
 
Gempa berada di darat pada jarak 19 kilometer tenggara Kabupaten Bandung Jawa Barat, pada kedalaman 4 kilometer. "Karena kecil jadi hanya dirasakan di sumber gempa. Antara lain di Majalaya dan Kamojang," katanya.
 
Menurutnya, aktivitas gempa di Jawa Barat terbilang wajar, sehingga masyarakat tidak perlu panik ataupun khawatir.  "Ini aktivitas wajar, di Jabar ada dua sumber gempa, yaitu di Samudera dan di darat, yang hari ini terjadi di darat," tegasnya.
 
Sejauh ini, BMKG sendiri belum menerima adanya laporan kerusakan rumah ataupun dampak lain dari gempa tersebut. Mengenai potensi gempa susulan, hal itu bisa saja terjadi hanya kekuatannya sangat kecil.
 
"Gempa tersebut merupakan pelepasan energi dari lapis kulit bumi, sedangkan gempa susulan ada tapi lebih kecil," tambahnya. (Jr.)**
.

Categories:Bandung,
Tags:,