Warga Temukan Limbah Medis di Pesisir Pantai Utara Karawang

Warga Temukan Limbah Medis di Pesisir Pantai Utara Karawang

Tumpukan limbah medis di hutan mangrove Dusun Sukamulya Desa Pusakajaya Utara Kecamatan Cilebar Karawang. (foto - ist)

Karawang - Limbah medis berupa alat-alat kesehatan yang tergolong bahan berbahaya dan beracun (B3), ditemukan di hutan mangrove Dusun Sukamulya Desa Pusakajaya Utara Kecamatan Cilebar Karawang. Diduga, limbah itu sengaja dibuang orang tak bertanggung jawab.
 
Limbah medis itu dimasukkan dalam kantong plastik kuning. Pertamakali diketahui warga saat melakukan aktivitas ke pantai. "Tumpukan limbah medis B3 ada di lokasi ditemukan warga, diduga dibuang orang yang tidak Bertanggungjawab," kata Endang, warga setempat, Minggu (9/9/2018).
 
Ia mengaku kaget melihat tumpukan sampah medis B3 milik rumah sakit, yang beralamat di Cikarang Selatan Bekasi itu. Limbah alat medis yang dibuang seperti suntikan yang masih lengkap dengan jarumnya dan botol-botol obat serta bekas vaksin.
 
"Limbah medis kategori B3 yang dibuang sembarangan di hutan mangrove, ditemukan alat suntik lengkap dengan jarumnya, juga bekas vaksin," tegasnya.
 
Ia khawatir, limbah yang dibuang sembarangan ini mengkontaminasi dan berisiko kepada masyarakat lingkungan sekitar. "Atas penemuan limbah B3 itu sudah dilaporkan ke pihak berwenang baik dari DLHK maupun pihak Polres Karawang," katanya.
 
"Dari sejumlah kantong limbah media B3 ditemukan nama salah satu rumah sakit asal Bekasi," tambahnya. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,