Badai Florence Ungsikan Lebih 1 Juta Warga Carolina Utara

Badai Florence Ungsikan Lebih 1 Juta Warga Carolina Utara

Badai Florence kategori 4 terjang wilayah Carolina Utara AS. (foto - Reuters)

Carolina - Badai  Florence  kategori 4  telah bertahan  selama beberapa jam di wilayah Carolina Utara AS. Badai tersebut diperkirakan akan menjadi badai besar yang sangat berbahaya hingga Kamis.
 
Seperti dilaporkan Reuters, Selasa (11/9/2018) Pusat Badai Nasional AS (NHC) menyatakan, kabar terbaru pada Senin Badai Florence berada sejauh 1.745 km dari timur tenggara Cape Fear Carolina Utara. Angin Badai Florence tercatat berkecepatan 220 km per jam.
 
Badai bergerak dari barat laut pada kecepatan 220 kph. Badai Florence akan bergerak di atas Samudera Atlantik barat daya, tepatnya antara Bermuda dan Bahama pada Selasa dan Rabu yang mendekati pantai Carolina Utara atau Carolina Selatan, pada hari Kamis.
 
Disebutkan, lebih dari 1 juta orang di sepanjang pantai Carolina mengungsi ke tempat yang lebih tinggi pada Senin, dalam evakuasi massal yang diperintahkan 3 hari sebelum Badai Florence tiba. Badai kategori 4 yang paling kuat mengancam wilayah itu dalam hampir 3 dekade.
 
Pihak berwenang mengingatkan, gelombang badai pesisir yang mengancam jiwa dan hujan deras yang panjang, akan menyebabkan banjir di beberapa negara bagian. Terutama jika terus mengalir ke pedalaman selama beberapa hari.
 
"Florence diperkirakan akan menjadi badai besar yang sangat berbahaya hingga Kamis," kata Gubernur Carolina Utara, Roy Cooper. Carolina Selatan, Virginia dan Maryland dinyatakan sebagai wilayah dengan keadaan darurat.
 
Karena kehancuran yang disebabkan oleh badai yang mematikan tahun lalu, penduduk Carolina pun gelisah mulai mempersiapkan diri untuk menghadapi badai. Antara lain menyimpan barang-barang kebutuhan sehari hari, air dan bensin.
 
Diklasifikasikan sebagai badai kategori 4 pada 5 langkah kekuatan badai skala Saffir Simpson, Florence adalah badai yang paling mengancam di Amerika Serikat tahun ini. Badai paling besar terjadi pada 1989, badai Hugo di Charleston Carolina Selatan.
 
Gubernur Carolina Selatan Henry McMaster memerintahkan sekitar 1 juta orang di negaranya untuk mengungsi ke pedalaman. Perintah evakuasi wajib dikeluarkan untuk lebih dari 50.000 orang dari Hatteras dan Ocracoke, Pulau Outer Banks.

Setidaknya 250.000 lagi dievakuasi dari OuterBanks utara pada hari Selasa, bersama dengan beberapa penduduk Virginia. Petugas manajemen darurat melaporkan gelombang sudah mulai menerjang jalan raya utama Pulau Hatteras, hingga memperlambat arus lalu lintas.

Presiden AS Donald Trump membatalkan rapat umum politik yang direncanakan pada Jumat di Jackson Mississippi. Karena masalah keamanan terkait Badai Florence, Trump mengatakan lewat Twitter, ia telah berbicara kepada para gubernur North Carolina dan Carolina Selatan. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,