KM Fungka Permata Terbakar di Banggai Tewaskan 8 Orang

KM Fungka Permata Terbakar di Banggai Tewaskan 8 Orang

Keluarga korban kecelakan menunggu di Pos SAR Wakatobi, Sabtu 15 September dinihari. (foto - ist)

Banggai - Petugas  gabungan  dari  pihak  TNI - Polri  dan  warga setempat menunggu 8 jenazah. termasuk seorang balita. Hal itu terjadi setelah KM Fungka Permata V terbakar di Perairan Bangkurung Banggai Laut Sulawesi Tengah.

Berdasarkan, petugas gabungan yang mengevakuasi korban akan tiba di Pelabuhan Banggai Laut sekitar pukul 02.00 atau 04.00 Wita dinihari. "Kami masih menunggu petugas gabungan yang melakukan evakuasi. Saat ini sudah siap mobil ambulans untuk menjemput jenazah para korban. Ada seorang balita yang ikut jadi korban," kata seorang petugas, Rista, Sabtu (15/9/2018) dinihari.

Sejauh ini, petugas gabungan masih menunggu kedatangan jenazah para korban di pelabuhan banggai laut, Kabupaten Banggai Laut, Sulawesi Tengah.

Seperti diketahui, KM Fungka Permata V terbakar saat sedang berlayar dari Raha Kabupaten Muna Sultra menuju Banggai Kabupaten Banggai Laut Sulteng. Kapal motor tersebut membawa 72 penumpang dan 12 ABK.

"Kami menerima laporan musibah itu tadi sore sekitar pukul 16.45 Wita. dan sesuai manives kapal tersebut membawa 72 penumpang dengan 12 ABK," kata Kapolres Banggai Kepulauan AKBP Idam.

Pada pukul 17.30 Wita, tim gabungan yang terdiri atas personel Unit KP3 Polsek Banggai, Polsek Lobangkurung, Syahbandar Banggai dan anggota Koramil Banggai dipimpin Mayor Inf. Jufri Halimu, turun ke lokasi kejadian dengan menggunakan speed boat milik KPLP Banggai.

Namun, sejauh ini belum ada laporan dari tim mengenai kondisi kapal dan penumpang, karena mungkin mereka belum tiba di lokasi kecelakaan. Pukul 18.50 Wita, pihaknya menerima informasi dari Kepala Desa Tagong Sagu Kecamatan Bangkurung, warga sekitar telah menuju lokasi kejadian dan menemukan delapan orang meninggal dunia.

Lokasi kejadian adalah di sekitar Pulau Tagong Sagu Kecamatan Bangkurung, pulau terluar Kabupaten Banggai Laut yang dekat dengan Sulawesi Tenggara. "Untuk mencapai lokasi kejadian, dibutuhkan waktu perjalanan laut sekitar empat jam dari Banggai, namun kondisi ombak di laut dilaporkan cukup besar," ujarnya.

Sementara itu, Badan SAR Nasional (Basarnas) Kendari mendapat laporan kebakaran KM Fungka Permata pukul 19.50 Wita. "Kami menerima info dari La Safali, salah seorang keluarga korban kapal yang mengalami musibah," kata Humas Basarnas Kendari Wahyudi. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,