Kebakaran di Ponpes Cangkudu Serang, 241 Kamar Santri Hangus

Kebakaran di Ponpes Cangkudu Serang, 241 Kamar Santri Hangus

Kebakaran Ponpes Riyadul Awamil Kampung Cangkudu Desa Baros Kecamatan Baros Kabupaten Serang. (foto - BPBD)

Serang - Sedikitnya 241 kamar santri di Pondok Pesantren Riyadul Awamil Kampung Cangkudu Desa Baros Kecamatan Baros Kabupaten Serang hangus dilalap si jago merah. Api diduga berasal dari korsleting listrik dari salah satu kamar.
 
Menurut pengasuh Pondok Pesantren Riyadul Awamil, Oni Syahroni kebakaran tersebut berlangsung cepat sekitar pukul 08.30 WIB. Api langsung membesar karena kamar tersebut terbuat dari anyaman bambu.
 
"Kobong (kamar) di sini sebanyak 241 kamar dan ada 152 santri semuanya terbakar," katanya kepada wartawan, Minggu (16/9/2018).
 
Ia menjelaskan, pada saat kejadian sebagian besar santri berada di dalam kamar Ponpes Cangkudu tersebut sedang beristirahat. Sebelumnya mereka telah melaksanakan pengajian pagi. "Santri pada kaget, mereka langsung berhamburan. Semua barang santri ikut terbakar, termasuk kitab," tegas Oni.
 
Disebutkan, api membakar semua fasilitas pondok. Seluruh pakaian dan barang-barang lainnya pun habis terbakar. Petugas pemadam kebakaran (Damkar) tiba setelah semua terbakar. "Rumah Alhamdulillah tidak terbakar. Hanya ada sedikit pada bagian atap," katanya.
 
Sementara itu, Kepala BPBD Nana Sukmana Kusuma dalam keterangannya mengatakan, pihaknya menurunkan bantuan damkar sekitar pukul 09.00 hingga 11.30 WIB, kobaran api di sekitar kejadian berhasil dipadamkan.
 
Setelah kejadian kebakaran tersebut, ratusan santri dan warga sekitar bahu membahu membersihkan puing-puing bekas kejadian. BPBD Provinsi pun langsung mendirikan posko pengungsian untuk penginapan sementara santri. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,