KPK Tanggapi Viral Foto Setnov di Rest Area Tol Cipularang

KPK Tanggapi Viral Foto Setnov di Rest Area Tol Cipularang

Setnov tampak di rest area Km 97 Tol Cipularang arah Jakarta. (foto - @MuhammadRahInd3)

Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menanggapi soal beredarnya foto koruptor e-KTP Setya Novanto yang tengah berada di rest area di jalan Tol Cipularang. Setnov tampak bersama Anang Sugiana Sudihardjo, yang juga dipidana kasus korupsi e-KTP.
 
Berdasarkan keterangan Kabiro Humas KPK Febri Diansyah, saat itu Setnov dan Anang memang "dipinjam" dari Lapas Sukamiskin untuk dihadirkan sebagai saksi, dalam sidang di Pengadilan Tipikor Jakarta pada 18 September 2018.
 
Dalam perjalanan dari Bandung ke Jakarta petugas yang mengawal keduanya mengambil waktu istirahat. "Namun hal itu sepenuhnya sesuai dengan SOP (standard operating procedure) di Ditjen PAS, khususnya Lapas Sukamiskin," kata Febri, Senin (24/9/2018).
 
Menyoal Setnov yang tidak mengenakan rompi tahanan oranye, Febri pun turut menanggapinya. Rompi itu memang khusus digunakan bagi tersangka KPK, sedangkan Setnov saat ini sudah terpidana, yang urusan penahanannya berada dalam kewenangan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS).
 
"Setya Novanto tidak lagi berada pada masa penahanan KPK karena sudah dilakukan eksekusi ke Lapas Sukamiskin, setelah putusan berkekuatan hukum tetap," tegas Febri.

"Kendari informasi yang beredar tidak sepenuhnya tepat, KPK menghargai keinginan dan peran masyarakat dalam mengawasi saat melihat ada terpidana yang berada di luar seakan dalam kondisi bebas," katanya. (Jr.)**
.

Categories:Nasional,
Tags:,