Revolusi Mental Dimulai dari Peran Humas

Revolusi Mental Dimulai dari Peran Humas

Bakohumas. (Foto: Net)

Bandung - Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Rudiantara menyatakan, revolusi mental yang digalakkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dapat mulai dilakukan dari peran humas atau para anggota Badan Koordinasi Kehumasan (Bakohumas).

"Revolusi mental bisa dimulai dari para anggota Bakohumas. Mentalitas itu berkaitan dengan aktivitas jiwa cara berpikir dan berperasaan, termasuk bagaimana kita memperlakukan teman-teman mitra pers kita," kata Rudiantara dalam pertemuan Bakohumas 2014 di Kota Bandung, Jabar, Selasa (25/11/2014).

Rudiantara dihadapan humas instansi pemerintah dan lembaga seluruh Indonesia mengatakan, merevolusi mental berarti mengubah cara berpikir, perasaan dalam menjalankan tugas kehumasan.

Ia menambahkan, Bakohumas harus inisiatif, siap berinteraksi dengan beragam kalangan dan tahu membedakan mana kebenaran dan pembenaran karena dua hal tersebut berbeda.

"Mari kita mengubah mental itu menjadi humas yang bernas, humas yang profesional dan dapat dipercaya informasinya," kata Rudiantara.

Ia mengatakan, bahwa salah satu tugas tekhnis humas yakni mengemas pesan yang informatif, mudah dicerna oleh atasan, maupun masyarakat serta dapat diakses publik dengan mudah.

Selain itu, ia berharap dapat membangun sinergi komunikasi pusat dan daerah, dengan menghapus sekat dan rasa ego sektoral, dan tidak membandingkan yang lebih baik.

"Sinergi adalah kesepakatan kita tentang cara kita dalam menyelesaikan suatu masalah," katanya.

Ia menegaskan, Bakohumas seluruh Indonesia dapat terus melaksanakan tugasnya dengan baik, menyosialisasikan kebijakan strategis pemerintahan di era komunikasi yang semakin terukur.

"Humas pemerintah harus mulai berpikir menyerap, mengolah dan menyebarkan informasi yang berdampak buat masyarakat," katanya.

Kegiatan pertemuan Bakohumas dihadiri Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan yang diikuti peserta dari berbagai humas pemerintahan maupun lembaga pemerintah seluruh Indonesia.

Acara itu digelar juga pameran dari berbagai instansi pemerintah, swasta, BUMN, dan media massa cetak maupun elektronik, termasuk LKBN Antara ikut dalam pameran tersebut. (AY)

.

Categories:Nasional,
Tags:bandung,